Thursday, October 22, 2020
Home Apps Daftar Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh, Tiktok Teratas

Daftar Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh, Tiktok Teratas

-

Jakarta, Selular.ID – Salah satu lembaga riset, Sensor Tower melaporkan daftar aplikasi yang paling banyak diunduh selama Quartal Ketiga di 2020.

Menurut laporan, penginstalan aplikasi global mencapai 36,5 miliar pada Q3 2020. Ini merupakan peningkatan dari tahun ke tahun sekitar 23,3%. Nilai unduhan itu berasal dari Google Play Store dan App Store.

aplikasi yang paling banyak diunduh

Selain itu, total konsumsi kedua platform aplikasi tersebut sekitar $ 19,3 miliar dolar AS, meningkat 32% dari tahun ke tahun. Dalam hal pengunduhan aplikasi, termasuk aplikasi video pendek Cina, TikTok tetap menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh untuk Q3 2020. TikTok menempati urutan pertama baik di Google Play Store maupun di App Store Apple.

Baca juga: RUU Uni Eropa Izinkan Pengguna Hapus Aplikasi Default

Tak ayal, TikTok telah menjadi pusat kontroversi belakangan ini. Perusahaan tersebut menghadapi ancaman larangan dari pemerintah AS. Namun, dengan perolehan ini sedikit menggambarkan situasi yang lebih baik bagi perusahaan terutama dalam menghadapi bisnisnya.

Aplikasi lain seperti Facebook, Zoom, WhatsApp, dan Instagram juga cukup populer dengan menempati posisi 6 teratas.

Pendapatan iOS Lebih Besar

Android selalu menempati sebagian besar pasar, seperti dikutip dari Gizmochina, Senin (5/10). Meskipun Android memiliki angka, melihat pengeluaran konsumen untuk aplikasi, iOS masih memimpin Android dengan selisih yang besar. Pada kuartal ketiga, pendapatan App Store iOS mencapai $ 19 miliar.

Adapun Google Play Store, hanya mampu mengumpulkan $ 10,3 miliar. Meski demikian, iOS belum tentu memiliki pendapatan yang lebih besar dari Android. Ini karena konsumen Android di China tidak menggunakan Google Play Store. Sehingga, nilai tersebut tidak mencerminkan pendapatan Android yang keluar dari China. Karena pasar Cina adalah pasar yang sangat besar untuk Android, sehingga kesenjangan pendapatan antara iOS dan Android mungkin saja tidak terlalu besar.

Latest