Sunday, September 20, 2020
Home News Social Media Twitter Ungkap Alasan Trending Topic Lewat Fitur Baru

Twitter Ungkap Alasan Trending Topic Lewat Fitur Baru

-

Jakarta, Selular.ID – Twitter terus berbenah. Platform sosial media itu berencana menambahkan tweet yang disematkan bersamaan dengan deskripsi singkat ke topik-topik yang sedang trending di dalam Twitter. Hal ini bertujuan agar pengguna dapat lebih mudah memahami alasan dibalik topik bisa populer serta masuk dalam daftar trending di Twitter.

Melalui posting blog resminya, Twitter mengatakan akan segera menggulirkan fitur ini di aplikasi Android dan iOS, serta tak ketinggalan juga untuk versi web. Situs jejaring sosial itu berencara merilisnya dalam beberapa minggu mendatang, tanpa menyebut tanggal pasti peluncuran.

Perusahaan juga mengatakan ada sekitar 500.000 pengguna yang mencuitkan ‘mengapa topik ini sedang tren’. Tak ayal, Twitter berusaha menjawab pertanyaan tersebut dengan solusi melalui fitur ini.

Baca juga: Twitter Beri Opsi Siapa yang Bisa Membalas Tweet

Lebih lanjut, Tweet yang disematkan nantinya akan ditentukan oleh kombinasi antara algoritma dengan kurasi manusia. Sedangkan, deksripsi mengenai tren akan sepenuhnya diisi oleh manusia. Algoritma sendiri digunakan untuk mencegah serta menghentikan tweet yang berisi spam atau kata-kata kasar agar tidak masuk ke dalam tren.

Pasalnya, Trending Topic di Twitter sering dikritik lantaran dianggap menyebarkan informasi yang salah, seperti teori konspirasi serta tindak kejahatan tertentu.

Terlepas dari itu, Twitter mengatakan fitur ini akan segera hadir di sejumlah negara. Sayangnya, Indonesia belum masuk dalam daftar.

Latest