Tuesday, July 14, 2020
       
Home Tips Cara Kilat Akses Menu Favorit dengan Smart Sidebar di Oppo A92

Cara Kilat Akses Menu Favorit dengan Smart Sidebar di Oppo A92

-

Jakarta, Selular.ID – Smartphone Oppo mempunyai tampilan antarmuka sendiri yang dinamakan ColorOS. Di versi terbaru, segudang fitur dan utilitas tambahan dijejalkan perusahaan, termasuk fitur Smart Sidebar. Apa itu?

Smart Sidebar akan sangat mempermudah multi-tasking kalian di smartphone Oppo. Fitur ini bisa digunakan untuk mengakses cepat ke sejumlah aplikasi maupun fungsi-fungsi seperti Split Screen, Screenshot maupun Screen Recording.

Ya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk beralih antar aplikasi, mentransfer file, membalas pesan, atau mengambil tangkapan layar saat mengakses sebuah aplikasi, bermain game atau menonton video.

Isi aplikasi dan tool pada Smart Sidebar ini bisa diatur sesuai kebutuhan, dan untuk mengaksesnya, pengguna hanya perlu menarik garis kecil berwarna putih yang muncul di sebelah kanan tampilan homescreen.

Cara mengaktifkan Smart Sidebar di Oppo A92

Sebelum menggunakan fitur ini, kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Pengguna bisa mengaktifkannya melalui Settings > Convenience Tools > Smart Sidebar.

Dari halaman pengaturan tersebut, pengguna tinggal mengetuk tombol toggle Smart Sidebar ke posisi “On” untuk mengaktifkannya. Atau sebagai tambahan, pengguna bisa mengubahnya ke posisi “Off” jika sudah tidak ingin menggunakan Smart Sidebar.

Setelah fitur aktif, kalian akan menjumpai sebuah garis kecil berwarna putih yang terletak di sebelah kanan layar. Kalian bisa menariknya ke kiri jika ingin membuka Smart Sidebar.

Cara menambahkan aplikasi dan tool di Smart Sidebar

Ketika Smart Sidebar sudah terbuka, pengguna bisa mengelola aplikasi dan tool favorit yang ingin ditambahkan ke dalamnya. Untuk menambahkan alat atau aplikasi, pengguna bisa mengetuk tombol plus (+) lalu memilih aplikasi yang diinginkan.

Terdapat tiga slot untuk alat (Quick tools) dan delapan belas aplikasi (Quick Apps). Untuk alat, pengguna hanya bisa menambahkan Screenshot, Screen Recording, dan Block Banners.

Sementara untuk aplikasi, semuanya bisa ditambahkan. Bahkan beberapa yang mendukung floating app (aplikasi yang bisa dibuka tanpa menutup tampilan aplikasi lain) juga sudah dipisahkan untuk mempermudah pengguna dalam memilihnya.

Cara menghapus aplikasi di Smart Sidebar

Jika area sudah penuh, kalian juga bisa menghapus salah satu aplikasi atau tool yang sudah tidak diinginkan dari Smart Sidebar dengan menekan beberapa saat pada area Smart Sidebar dan menekan tombol minus (-) pada alat atau aplikasi tersebut.

Selanjutnya, jika sudah selesai mengelola aplikasi atau toolfavorit di Smart Sidebar, kalian bisa menekan tombol Done atau menekan area di luarnya (home screen) untuk menutupnya.

Dengan Smart Sidebar, kini kalian bisa tetap menikmati game sambil memeriksa dan membalas chat atau posting di media sosial. Selamat mencoba!

Latest