Wednesday, October 21, 2020
Home Devices Apple Pastikan MacBook Baru Gunakan Chip Buatan Sendiri

Apple Pastikan MacBook Baru Gunakan Chip Buatan Sendiri

-

Jakarta, Selular.ID – Apple dikabarkan akan membuat pengumuman di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) tahunan, yang akan digelar pada 22-26 Juni 2020.

Mengingat dalam situasi pandemi, acara itu akan digelar secara online. Dalam gelaran itu seperti dilaporkan Mac Rumours, Apple akan mengumumkan rencana untuk tidak lagi menggunakan prosesor Intel dalam komputer Mac, termasuk laptop MacBook.

Apple berencana menggunakan prosesor buatan sendiri dalam komputer Mac, termasuk laptop MacBook terbaru.

Ini merupakan langkah baru yang dilakukan Apple.Karena biasanya Apple menggunakan prosesor Intel.

Pengumuman itu akan memungkinkan pengembang aplikasi peserta utama WWDC–untuk menyesuaikan aplikasi mereka sebelum Mac baru diluncurkan. Ini akan menjadi pertama kali dalam 36 tahun sejarah Mac–dimulai dengan Macintosh yang dirilis pada 1984–yang akan didukung prosesor yang dirancang Apple sendiri.

Alasan dari peralihan ini kemungkinan karena pertumbuhan pendapatan Intel yang lebih lambat atau kelemahan keamanan sebelumnya yang ditemukan pada prosesor Intel. Tes Apple pada Mac baru dengan chip berbasis ARM juga menunjukkan peningkatan cukup besar dibandingkan versi yang didukung Intel dalam hal efisiensi daya, grafik, dan aplikasi yang menggunakan AI.

Jika akhirnya memutuskan menggantinya, prosesor Mac baru akan didasarkan pada teknologi yang sama dengan yang digunakan pada perangkat genggam andalannya. Apple menggunakan teknologi yang dilisensikan dari ARM, perusahaan semikonduktor yang dimiliki oleh raksasa Jepang SoftBank dan berencana untuk mentransisikan seluruh jajaran Mac ke chip itu, termasuk desktop high-end.

Beberapa laporan telah mengisyaratkan peluncuran MacBook berbasis ARM terbaru dengan harga yang kompetitif.

MacBook 12 inci berbasis ARM baru diprediksi bakal lebih murah dari MacBook Air saat ini dengan selisih harga sekitar EUR 999 atau berkisar Rp 16 jutaan lebih murah dari MacBook Air yang ada saat ini.

Laporan dari Bloomberg dan analis Ming-Chi Kuo memprediksi rilis MacBook 12 inci dengan chip ARM bisa terjadi pada 2021 mendatang. Kuo lebih spesifik, menunjuk ke tanggal rilis pada kuartal 2020 atau kuartal 2021.

MacBook 12 inci yang baru yang akan ditenagai chip ARM diharapkan akan menggunakan prosesor 12 core kombinasi delapan core berkinerja tinggi (kode nama Firestorm) dan empat inti hemat energi (kode nama Icestorm). Di masa depan, Apple juga diperkirakan akan menambah jumlah core yang dimiliki chip-chipnya karena melihat Intel telah jauh lebih unggul denhan dua atau tiga kali lipat core yang bisa dibuat Apple.

Sebagai informasi, ARM adalah teknologi chipset yang biasa digunakan pada perangkat smartphone. Teknologi ini menjadi dasar pembuatan chipset Qualcomm, Huawei Kirin, Samsung Exynos, hingga MediaTek.

Baca Juga :Tingkatkan Kinerja Macbook, Apple Kembangkan Mode Pro

Dengan menggunakan chip ARM, Apple dimungkinkan untuk membuat perangkat MacBook terjangkau namun dengan desain sasis yang tipis dan ringan. Hal ini memungkinkan untuk Apple kembali ke desain awal MacBook yang terkenal kecil namun bertenaga.

Apple sendiri dilaporkan telah membuat prototipe ARM MacBook pada 2018 berdasarkan pada prosesor A12X dari iPad Pro tahun itu. Keberhasilan prototipe ini dikatakan telah memacu harapan Apple untuk mengganti chip Intel di jeroan perangkat Mac mendatang

Apple belum menanggapi kabar mengenai penggantian chip pada Mac. Namun, Apple telah menciptakan prosesor sendiri untuk iPhone dan iPad, dan perusahaan juga telah mempertimbangkan untuk melakukan hal yang sama untuk Mac dan Macbook.

Latest