spot_img
BerandaAppsYoutube Sajikan Tombol Skip Video Berdurasi Panjang

Youtube Sajikan Tombol Skip Video Berdurasi Panjang

-

Jakarta, Selular.ID – Pengguna YouTube kini bisa dengan mudah melompat ke bagian video yang dinginkan. Pasalnya, YouTube telah merilis fitur bernama video Chapters.

Fitur tersebut sangat berguna bagi penonton untuk mencari bagian yang diinginkan dalam sebuah video berdurasi panjang. Misalnya, pada tayangan DIY, pengguna hanya ingin menonton cara mengaduk dodol tanpa ingin menyimak apa saja bahan yang dibutuhkan.

Lewat Chapters, pengguna bisa melompati bagian yang tidak dinginkan dan langsung menuju video yang ingin ditonton. Tak hanya itu, pengguna YouTube juga bisa mengulangi bagian tersebut dengan mudah.

Sebagai informasi, Chapters memiliki timestamps (penanda waktu) yang menandai setiap bagian dengan judul pembahasan. Misalnya saja, pada menit 1:00 adalah pengenalan produk, pada menit 10:00 kesimpulan, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Menghitung Kuota saat Streaming YouTube

Penanda waktu ini berupa garis patah-patah yang ada pada bagian control bar. Pengguna hanya perlu mengarahkan kursor ke salah satu garis tersebut untuk melihat judul pembahasan dalam video.

Para kreator video yang akan membagi timestamps dan judul pembahasan pada deskripsi video. Sehingga, setiap video berbeda tergantung dari kreatornya.

Namun, Kreator bisa mulai menandai timestamps mulai menit ke 0:00. Sedangkan, setiap bagiannya harus berdurasi minimal 10 detik yang terdiri dari tiga timestamps per video.

Kabarnya, Fitur ini bakal dirilis resmi secara permanen mulai 28 Mei 2020, dikutip dari Engadget, Jumat (29/5). Fitur chapters nantinya akan tersedia di Android dan iOS, baik versi YouTube mobile maupun web.

Artikel Terbaru