Wednesday, May 27, 2020
Home Apps Tidak Aman, Google Larang Karyawannya Pakai Zoom

Tidak Aman, Google Larang Karyawannya Pakai Zoom

-

Jakarta, Selular.ID – Zoom memang tengah populer lantaran fungsinya yang membantu aktivitas WFH selama pandemi. Tak hanya itu, kepopuleran platform video conference juga diikuti dengan isu celah keamanan. Bahkan, perusahaan seperti Google turut mengeluarkan larangan penggunaan platform telekonferensi tersebut untuk karyawan.

Perusahaan itu mengutip kekhawatiran keamanan dengan aplikasi yang muncul sejak Zoom menjadi salah satu layanan terpopuler untuk mengobrol video gratis selama pandemi, dikutip dari Theverge, Kamis (9/4).

Kebijakan ini dikirim Google melalui email kepada setiap karyawan sejak pekan lalu. Adapun mesin pencarian raksasa itu mengatakan kepada para karyawan yang menginstall aplikasi Zoom pada perangkat mereka tak akan bisa menjalankan platform meeting tersebut lagi.

Baca juga: Zoom Tambah Fitur Keamanan

“Baru-baru ini, tim keamanan kami memberi tahu karyawan menggunakan Zoom Desktop Client bahwa itu tidak akan lagi berjalan di komputer perusahaan karena tidak memenuhi standar keamanan kami untuk aplikasi yang digunakan oleh karyawan kami.” kata Jose Castaneda, Juru Bicara Google.

“Karyawan yang telah menggunakan Zoom untuk tetap berhubungan dengan keluarga dan teman dapat terus melakukannya melalui browser web atau melalui ponsel.” sambungnya.

Pada akhirnya, Google menawarkan pesaing Zoom milik perusahaannya sendiri yaitu Meet sebagai bagian dari G Suite-nya.

“Kami telah lama memiliki kebijakan untuk tidak mengizinkan karyawan menggunakan aplikasi yang tidak disetujui untuk pekerjaan yang berada di luar jaringan perusahaan kami,” pungkas Jose.

TERBARU

Huawei Klarifikasi Hubungannya dengan Inggris

Jakarta, Selular.ID – Huawei menyangkal kabar seputar ketidakharmonisan hubungannya dengan negara Inggris. Perusahaan memastikan...

Telkom Bukukan Laba Bersih Rp18,66 Triliun

Jakarta, Selular.ID - Sepanjang tahun 2019 Telkom berhasil membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 135,57...

Transaksi Youtap Tumbuh 5x Lipat

Jakarta, Selular.ID - Youtap mencatat pertumbuhan volume transaksi non-tunai ShopeePay yang menggunakan jaringan merchantnya...

Latest