Sunday, June 7, 2020
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap Review Oppo Reno3 Pro: Fitur Komplet Performa Prima

Review Oppo Reno3 Pro: Fitur Komplet Performa Prima

-

Jakarta, Selular.ID – Oppo merilis Reno3 bulan lalu sebagai penerus Reno2 F, kemudian bulan ini Oppo melanjutkan portfolionya dengan memperkenalkan Reno3 Pro di Indonesia. Perangkat merupakan suksesor dari Reno2 yang rilis tahun lalu.

Kendati berbagi nama yang sama, Reno3 dan Reno3 Pro adalah dua perangkat yang sangat berbeda. Mulai dari layar, desain, chipset, kamera, fitur, audio, dan lain-lain.

Lebih premium, Reno3 Pro ditujukan bagi pengguna profesional yang membutuhkan perangkat dengan fitur komplet dan performa prima, terutama dari segi fotografi maupun mobile gaming.

Untuk kinerja mumpuni, Reno3 Pro didukung chipset tertinggi Mediatek saat ini, Helio P95, dan perangkat menampilkan layar Super AMOLED Display 6,44 inci.

Tidak kalah pamor, di departemen fotografi perangkat dibekali Quad Camera 64MP di belakang dan kamera depan ganda 44MP+2MP.

Hanya ada satu varian konfigurasi, Reno3 Pro ditopang RAM besar 8GB dan penyimpanan lapang 256GB. Perangkat dijual melalui Blibli dengan harga Rp8.999.000, dan sudah tersedia luas mulai akhir April 2020.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai performa Oppo Reno3 Pro, berikut ulasan lengkap dari Selular.ID

Paket Penjualan

Sebelum memasuki ulasan mendalam, mari kita membahas isi paket penjualan Oppo Reno3 Pro. Pada paket penjualan, selain unit smartphone, pembeli juga akan mendapatkan kabel USB dan charger, lengkap dengan kartu garansi dan buku panduan.

Charher di sini sudah mendukung pengisian cepat, di mana pengguna bisa mengisi 50% baterai dari 0 hanya dalam waktu 20 menit.

Kemudian pembeli Oppo Reno3 Pro juga akan mendapat aksesoris lengkap, karena vendor telah menyematkan jelly case bening dan earphone di dalam kemasan penjualan. Selain dua aksesoris itu, Oppo juga menyediakan pin ejector untuk membuka slot SIM card dan MicroSD.

Layar

Berlama-lama menatap layar smartphone biasanya membuat mata lelah, tetapi tidak dengan Reno3 Pro. Karena perangkat sudah mengantongi sertifikat TUVRheiland Full Care Display Certification yang mampu mengurangi filter biru sehingga pengguna akan tetap nyaman berlama-lama menatap layar ponsel.

Menggunakan teknologi display teranyar Super AMOLED, panel muka Oppo Reno3 Pro sangat lega berukuran 6,44 inci dengan rasio tinggi 20:9.

Tanpa bezel atau notch, kamera selfie Reno3 Pro berbentuk dual punch hole. Bukan satu, sudut kiri atas ponsel dihiasi dua lubang titik yang dihuni kamera ganda 44MP dan 2MP.

Desain

Tombol Power berada di sisi kanan, sementara volume rocker berada di seberangnya, berjajar bersama slot SIM card dan microSD (tiga slot).

Bagi penikmat audio dengan kabel, tidak usah khawatir, Reno3 Pro masih menyediakan jack audio 3,5mm yang diletakkan di bawah bersama port USB-C dan stereo speaker juga mikrofon.

Di panel belakang bertengger empat-kamera yang disusun vertikal, lengkap dengan flash light. Karena menggunakan fingerprint di-dalam layar, panel belakang tampak bersih, tidak ada area sidik jari.

Kamera

Unggul di departemen fotografi, Oppo Reno3 Pro dibekali empat kamera dengan kamera utama 64MP dengan sensor 1/1.72” dan aperture f/1.8, yang sudah mendukung fitur Ultra Clear Image dan Ultra Dark Mode.

Tiga kamera lain adalah lensa telephoto 13MP dengan sensor 1/3.4” dan aperture f/2.4. Kemudian ada lensa ultra wide angle 8MP dengan sensor ¼” yang mampu menangkap gambar dengan sudut lebar 120 derajat. Terakhiir, ada lensa mono 2MP sensor 1/5” dengan piksel besar 1.75um.

Fitur utama Quad camera Reno3 Pro adalah 5x Hybrid Zoom sampai 20x Digital Zoom. Hybrid zoom di sisni artinya ponsel bisa melakukan 2x optical zoom dan antara 2x sampai 5x zoom adalah kolaborasi optical dan software, sementara 20x digital zoom adalah sepenuhnya kerja software.

Fitur lainnya adalah Ultra Clear Image bisa menghasilkan gambar sebesar 108MP. Artinya, kamera Reno3 Pro bisa mengambil gambar rendah noise dan ketajaman tinggi yang digabungkan, sehingga menghasilkan detail yang sangat tajam. Dan bisa dicetak sampai ukuran 20×40 meter.

Memanfaatkan algoritma AI, fitur Ultra Dark Mode akan otomatis aktif jika kondisi cahaya berada di bawah 1 lux. Dengan AI, kamera Oppo Reno3 Pro bisa mengurangi noise dan mempertajam gambar.

Kamera selfie

Bukan bezel atau notch, layar Oppo Reno3 Pro dihiasi Dual Punch-hole Camera dengan kamera utama 44MP dengan sensor ½.65” dan diafragma f/2.4 ditambah lensa kedalaman 2MP dengan sensor 1/5” dan diafragma f/2.4

Fitur utama kamera depan Reno3 Pro adalah Portrait Mode atau Bokeh dan Ultra Night Selfie Mode. Padahal Ultra Night biasanya hanya tersedia di lamera belakang, tetapi Oppo mengembangkannya untuk kamera depan juga.

Cara kerjanya adalah kamera akan mengambil beberapa foto dan menyesuaikan frame-per-frame baik itu tingkat kecerahan, ketajaman, dan pengurangan noise. Dengan teknologi Human Face Protection, fitur Ultra Night Selfie Mode membuat wajah akan tetap tampak natural.

Fitur Video

Fitur optimalisasi video juga berlaku pada kamera depan. Ada fitur baru bernama Oppo Screen Image Engine (OSIE) yang sangat bermanfaat untuk perekaman video pendek seperti di Instagram Story atau TikTok.

Dengan OSIE gambar akan teelihat lebih tajam dan warnanya lebih keluar. Fitur ini akan sangat nermanfaat bagi kreator konten dalam menggunakan aplikasi video pendek.

Bukan hanya video pendek, merekam video normal juga lebih baik menggunakan kamera depan Reno3 Pro. Karena perangkat sudah mendukung Ultra Steady Video Pro dimana Oppo akan memanfaatkan EIS dan menambahkan sensor pada Reno3 Pro agar gambar tampil lebih stabil lagi.

Selain dua di atas, fitur video lainnya ada Video Bokeh, Video Zoom, dan AI Beauty Mode untuk video.

ColorOS7 berbasis Android 10

Reno3 Pro sudah menggunakan siatem operasi teranyar Color OS 7 berbasis Android 10. Sejumlah aplikasi anyar perusahaan otomatis tertan di menu utama. Seperti Soloop untuk menyunting video dengan mudah, Multi-user Mode, Live Wallpaper, dan Artist Wallpaper yang bekerja sama dengan seniman, khusus untuk Reno3 Pro.

Menikmati konten multimedia di Reno3 Pro akan terasa lebih menggelegar berkat dukungan Dolby Atmos yang biasa ada di dunia audio. Selain itu, perangkat juga bisa menghasilkan HiRes Audio, dan dukungan video streaming HD 1080 untuk pecinta Netflix.

Kinerja

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Oppo Reno3 Pro didukung chipset tertinggi gubahan Mediatek Helio P95 yang mempunyai keunggulan pada teknologi AI untuk fotografi dan mobile gaming. Maka dari itu Reno3 Pro bisa disebut ponsel yang unggul di semua lini.

Untuk mobile gaming, Reno3 Pro dibekali fitur Hyper Boost yang membuat frame pada game lebih stabil pada 30fps, dan meningkatkan respon sensitivitas sentuhan atau Touch Boost.

VOOC Flash Charge 4.0

Untuk menghidupi ponsel, Oppo Reno3 Pro dibekali baterai 4.025mAh dan sudah mendukung VOOC Flash Charge 4.0 dengan kecepatan 30watt. Sehingga baterai perangkat bisa terisi 50% dalam 20 menit.

Memori RAM 8GB dan internal 256GB yang bisa menampung lebih banyak aplikasi, foto, video, dan game.

Harga dan Warna

Di Indonesia, ponsel tersedia dalam dua varian warna Midnight Black dan Sky White. Oppo hanya menyajikan satu konfigurasi (8/256) Reno3 Pro dijual dengan harga resmi Rp8.999.000.

Sebagai informasi, selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Oppo menyediakan layanan pemesanan melalui Whatsapp di nomor 0815-9550-000 yang beroperasi mulai pukul 09:00 sampai pukul 22:00.

Product Advisor Oppo akan membantu memfasilitasi mulai dari pemesanan, pembayaran, pengiriman sampai memastikan unit ponsel diterima dengan baik. Seluruh konsultasi dan pengiriman unit ini gratis tanpa dipungut biaya.

Spesifikasi lengkap Oppo Reno3 Pro

  • Body 158.8 x 73.4 x 8.1mm
  • Weight 175 gram
  • Colors: Midnight Black, Sky White
  • Display Size dan Resolution 6.4 inci Full HD+ (1080) rasio 20:9 screen-to-body 91.5% Gorilla Glass 5
  • Display Super AMOLED Dual punch hole
  • Rear Camera 64MP (F1.8) + 13MP (F2.4) + 8MP (120°) + 2MP (1.75um)
  • Front Camera 44MP + 2MP
  • Processor: Mediatek Helio P95
  • OS ColorOS 7 based on Android 10
  • RAM + Storage RAM 8GB, penyimpanan 256GB, Micro SD slot (up to 256GB)
  • Battery 4.025 mAh
  • Fingerprint Unlock, Face Unlock
  • Special Feature: Game Boost, Ultra Night Mode, Ultra Night Selfie Mode, OSIE, Ultra Steady Video Pro, VOOC Flash Charge 4.0, Ultra Clear Image 108MP.

TERBARU

Meluncur Lusa, Ini Perkiraan Harga Redmi Note 9 dan...

Jakarta, Selular.ID – Xiaomi mengonfirmasi produk terbaru segera rilis di Indonesia. Melalui media sosial,...

Perluas Bisnis, WhatsApp Buka Lowongan Kerja di Indonesia

Jakarta, Selular.ID - Facebook terus melirik pasar Indonesia. Kali ini, platform perpesanan WhatsApp dilaporkan...

Peluncuran iPhone 12 Akan Ditunda

Jakarta, Selular.ID - Usai banyaknya prediksi waktu peluncuran iPhone 12 yang beredar, Apple rupanya...

Latest