Wednesday, May 27, 2020
Home Apps Waspada, Zoom Sebar Data Pengguna ke Facebook

Waspada, Zoom Sebar Data Pengguna ke Facebook

-

Jakarta, Selular.ID – Zoom ternyata melanggar privasi pengguna. Aplikasi berbasis video call dan rapat online itu mengirimkan data pengguna tanpa izin ke Facebook, sekalipun pengguna Zoom tak memiliki akun Facebook.

Hal ini diketahui setelah adanya laporan dari perusahaan analisis jaringan, Motherboard. Laporan itu mengungkap data yang dikirim Zoom ke Facebook memuat sejumlah informasi pribadi tentang pengguna, dilansir dari Appleinsider, Jumat (27/3).

Adapun informasi pribadi yang dimaksud yaitu, perangkat apa yang digunakan pengguna, operator apa yang mereka gunakan, lokasi kota dan zona waktu pengguna, yang akan terdeteksi langsung saat mengakses Zoom. Nantinya, data itu bakal dikumpulkan untuk menyasar iklan sesuai dengan target.

Baca juga: Gandeng Zoom, Smartfren Business Luncurkan Konferensi Berbasis Cloud

Tentunya, praktik semacam ini melanggar privasi pengguna. Pasalnya, Zoom pun tidak mencantumkan penggunaan data pribadi dalam kebijakan privasinya. Bahkan, Facebook sebagai pihak ketiga, memberitahu pengguna terkait pembagian data dalam kebijakan privasinya.

Sehingga, platform media sosial itu meminta Zoom untuk menginformasikan kepada pengguna melalui kebijakan privasi. Selain itu, Facebook juga meminta Zoom secara transparan menjelaskan kepada pengguna mereka perihal data apa saka yang dikirimkan ke Facebook.

Kendati demikian, pengguna juga tetap perlu waspada, lantaran Zoom saat ini tengah populer. Aplikasi itu dianggap membantu menghubungkan kerjaan meskipun harus dari rumah.

TERBARU

Huawei Klarifikasi Hubungannya dengan Inggris

Jakarta, Selular.ID – Huawei menyangkal kabar seputar ketidakharmonisan hubungannya dengan negara Inggris. Perusahaan memastikan...

Telkom Bukukan Laba Bersih Rp18,66 Triliun

Jakarta, Selular.ID - Sepanjang tahun 2019 Telkom berhasil membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp 135,57...

Transaksi Youtap Tumbuh 5x Lipat

Jakarta, Selular.ID - Youtap mencatat pertumbuhan volume transaksi non-tunai ShopeePay yang menggunakan jaringan merchantnya...

Latest