Tuesday, June 2, 2020
Home News Market Update Konsumsi Baterai Ponsel 5G Lebih Boros

Konsumsi Baterai Ponsel 5G Lebih Boros

-

Jakarta, Selular.ID – Kendati Indonesia belum resmi menggelar 5G, namun teknologi telekomunikasi generasi kelima itu sudah di depan mata. Dengan sejumlah perangkat terbaru sudah mendukung 5G, seberapa besar dampak 5G terhadap masa pakai baterai ponsel, dibandingkan 4G?

Dilansir dari Android Authority, Lu Weibing, general manager Redmi, sub-brand Xiaomi, pada situs mikroblogging Cina Weibo, menjelaskan.

Dalam posnya, ia menunjukkan bahwa konsumsi daya dari chipset seri 800 Qualcomm sekitar 20% lebih besar daripada seri 700, dan ponsel 5G mengkonsumsi daya 20% lebih banyak daripada ponsel 4G.

Pernyataan Mr. Weibing mencuat selang beberapa hari setelah Redmi K30 Pro berkemampuan 5G diumumkan. Ponsel ini ditenagai chip Snapdragon 865, dan meskipun dibekali baterai raksasa 4700mAh di dalamnya, Redmi memperkirakan, ponsel ‘hanya’ akan bertahan satu hari.

Selain Redmi, Samsung juga mempunyai seri flagship yang ditopang Snapdragon 865 dengan dukungan 5G pada versi global (bukan versi Indonesia).

Galaxy S20, Galaxy S20+, dan Galaxy S20 Ultra masing-masing memiliki kapasitas baterai 4000, 4500, dan 5000mAh. Kenaikan signifikan kapasitas baterai dari seri S10 tahun lalu itu sepertinya terkait erat dengan peningkatan konsumsi daya karena hardware 5G di dalamnya.

Jadi, penambahan kapasitas baterai adalah hal yang mutlak untuk ponsel 5G, karena konsumsi baterai lebih boros, setidaknya untuk kasus sekarang (Snapdragon 865).

Tentu, produsen ponsel harus mulai beradaptasi dengan peningkatan konsumsi daya keseluruhan yang diperlukan untuk teknologi baru ini. Sambil menunggu teknologi 5G matang, semoga Qualcomm juga berusaha untuk mengoptimalkan konsumsi daya dari chip 5G mereka.

TERBARU

Google Tunda Peluncuran Android 11

Jakarta, Selular.ID - Acara tahunan Google I/O yang rencananya digelar pada Mei terpaksa dibatalkan...

Huawei P20 Pro Terima Pembaruan Android 10

Jakarta, Selular.ID - Google segera merilis Android 11 versi beta pertama dalam waktu dekat,...

Punya Triple Camera, Samsung Galaxy A11 Dibanderol Sejutaan

Jakarta, Selular.ID - Samsung Electronics Indonesia kembali meluncurkan varian terbaru keluarga Galaxy A series,...

Latest