Beranda News Market Update IDC : Pengiriman Ponsel 2020 Turun 2,3%, China Terima Dampak Terbesar

IDC : Pengiriman Ponsel 2020 Turun 2,3%, China Terima Dampak Terbesar

-

Jakarta, Selular.ID – Sejauh ini, wabah Corona memang berdampak besar bagi Industri. Menurut International Data Corporation (IDC), pengiriman ponsel di Q1 mengalami penurunan sebesar 30%. Kini, hasil analisa terbaru IDC justru memuat adanya penurunan pengiriman smartphone sepanjang 2020.

Dalam hasil riset IDC, pasar smartphone diseluruh dunia diperkirakan akan turun 2,3% pada 2020, dengan jumlah pengiriman lebih dari 1,3 miliar produk, dirangkum dari situs IDC, Minggu (1/3). Penurunan yang terjadi sepanjang 2020 ini dilatarbelakangi oleh Corona.

“COVID-19 (virus Corona) menjadi alasan lain untuk memperpanjang tren kontraksi pasar smartphone saat ini, yang mengurangi pertumbuhan paruh pertama tahun ini.” ungkap Sangeetika Srivastava, Analis Riset Senior IDC.

“Sementara di China, sebagai pasar smartphone terbesar, akan menerima hantaman terbesar, geografi besar lainnya juga akan merasakan hantaman dari gangguan rantai pasokan,” imbuhnya.

Adapun yang dimaksud yaitu, adanya hambatan bagi vendor untuk merilis smartphone terbaru mereka diparuh kedua 2020. Hal ini karena perlu adanya penyesuaian rencana perilisan dengan situasi Corona, seperti pabrik yang terpaksa ditutup, pembatasan perjalanan, hingga bisa muncul masalah kekurangan komponen.

Baca juga: IDC: Top 5 Vendor Smartphone di India H2-2019

“Kekurangan komponen, penutupan pabrik, mandat karantina, logistik, dan pembatasan perjalanan akan menciptakan hambatan bagi vendor untuk menghasilkan handset dan meluncurkan perangkat baru.” ungkap Srivasta.

Meski begitu, IDC juga menyebut insiden penurunan pengiriman ponsel cerdas 2020 hanyalah skenario pendek. Perusahaan riset itu optimis dengan mekanisme jaringan generasi kelima alias 5G bisa mendorong situasi lebih stabil pada kuartal ketiga 2020.

“Skenario keseluruhan diperkirakan akan stabil dari kuartal ketiga tahun ini karena, situasi COVID-19 mudah-mudahan membaik, serta rencana 5G yang mengambil langkah global.” terang Srivastava.

Buyer's Guide

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

7 Smartphone Xiaomi dengan Fast Charging Hingga 65W

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu kami menghadirkan panduan belanja tujuh smartphone Xiaomi dengan fitur...

5 Smartphone Oppo dengan Quad Camera Terbaik

Jakarta, Selular.ID -   Kamera kini menjadi salah satu fitur penting dalam memilih sebuah smartphone....

Smartphone Refresh Rate 90Hz Harga Rp2 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Bagi penggemar game mobile, teknologi refresh rate sangat diperlukan supaya bisa...

Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold Meluncur di Indonesia

Jakarta, Selular.ID - Xiaomi kembali merilis anggota baru dari jajaran Redmi 9 Series. Perangkat...

Oppo Reno4 Pro Banting Harga

Jakarta, Selular.ID - Memasuki bulan November, dua ponsel Oppo mendapat penyesuaian harga. Baru diluncurkan...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait