Minggu, 19 Mei 2024
Selular.ID -

Pengiriman Smartphone Dunia Q1-2024 Capai 289 Juta Unit

BACA JUGA

Selular.ID – Samsung kembali menduduki puncak pasar smartphone global setelah kalah dari Apple pada kuartal Desember.

Menurut data baru IDC untuk kuartal pertama tahun 2024, Apple mengalami penurunan pengiriman sebesar 10% karena meningkatnya persaingan di pasar Android.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino ini mengirimkan 50,1 juta iPhone, turun dari 55,4 juta unit pada periode yang sama tahun lalu.

Samsung menempati posisi pertama pada kuartal terakhir dengan pangsa pasar 20,8%, diikuti oleh Apple dengan pangsa 17,3%.

Produsen ponsel Tiongkok Xiaomi mengantongi posisi ketiga dengan pangsa 14,1%, sementara Transsion (TECNO, itel, Infinix) berada di posisi keempat, dan OPPO berada di posisi kelima.

Secara keseluruhan, pasar smartphone global menunjukkan peningkatan positif setelah beberapa tahun penuh gejolak pasca pandemi.

Pengiriman smartphone meningkat 7,8% dari tahun ke tahun menjadi 289,4 juta unit pada kuartal pertama tahun 2024.

IDC memperkirakan, meskipun Samsung dan Apple akan mempertahankan posisi mereka di pasar, meningkatnya kehadiran produsen ponsel Tiongkok kemungkinan akan mendorong keduanya untuk memperluas dan mendiversifikasi portofolio mereka.

“Ada pergeseran kekuatan di antara 5 perusahaan teratas, yang kemungkinan akan terus berlanjut seiring para pelaku pasar menyesuaikan strategi mereka di dunia pasca-pemulihan,” kata Nabila Popal, direktur riset tim Worldwide Tracker IDC.

“Xiaomi bangkit kembali dengan kuat dari penurunan besar yang dialami selama dua tahun terakhir, dan Transsion kini hadir secara stabil di Top 5 dengan pertumbuhan agresif di pasar internasional,” paparnya.

“Sebaliknya, meskipun dua pemain teratas mengalami pertumbuhan negatif pada kuartal pertama, tampaknya Samsung berada dalam posisi yang lebih kuat secara keseluruhan dibandingkan kuartal-kuartal sebelumnya,” tutup Nabila Popal.

Baca Juga: Adopsi Ponsel Lipat Lambat, Pengiriman 2023 Cuma 15,9 Juta Unit

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU