Saturday, March 28, 2020
Home News Telco China Pimpin Pertumbuhan 5G Global

China Pimpin Pertumbuhan 5G Global

-

Jakarta, Selular.ID – China mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin 5G global. Hal itu karena didorong investasi operator yang signifikan dan peningkatan penyerapan, serta adopsi yang diperkirakan mewakili setengah dari semua koneksi selular negara pada 2025. Demikian laporan terbaru yang dikeluarkan oleh GSMA.

Dalam laporan bertajuk “Ekonomi Selular edisi China”, GSMA mengatakan tingkat pertumbuhan akan setara dengan negara-negara 5G terkemuka lainnya, Korea Selatan; Jepang; dan AS, dengan investasi operator lebih dari US$ 180 miliar yang diperkirakan akan dilakukan di negara ini selama lima tahun ke depan.

GSMA, yang menerbitkan serangkaian laporan sebagai bagian dari program tahunan yang berfokus pada pengembangan pasar ponsel China, membahas topik termasuk tren 5G saat ini dan peran teknologi dalam membantu upaya pemulihan Covid-19 (coronavirus).

Pada bagian terakhir, GSMA mengatakan China telah mampu mempertahankan peran kepemimpinan 5G meskipun negeri ini mengalami guncangan ekonomi dan sosial akibat pandemi virus corona.

Setelah peluncuran layanan 5G komersial pada Oktober 2019, laporan GSMA menemukan bahwa tiga operator di China, sekarang telah membangun lebih dari 160.000 BTS yang kompatibel yang mencakup lebih dari 50 kota. Pembangunan yang massif itu, bertujuan untuk memperluas jangkauan dan kapasitas mandiri yang menjangkau seluruh negeri.

Agar China dapat melanjutkan pertumbuhan 5G, GSMA menyerukan penugasan spektrum mmWave, yang akan sangat penting untuk meningkatkan bandwidth dan kapasitas untuk melayani aplikasi berkinerja tinggi.

Secara total, mmWave 5G dapat berkontribusi $ 104 miliar ke PDB China pada 2034 mendatang.

“Mengingat pentingnya manufaktur dalam perekonomian China, aplikasi industri yang memanfaatkan mmWave 5G menghadirkan peluang besar bagi China untuk mendorong pertumbuhan ekonomi,” pungkas GSMA.

Latest