Qualcomm Umumkan Modem 5nm yang mampu Mengunduh 7,5 Gbps

Jakarta, Selular.ID – Akhirnya kita tiba pada modem smartphone yang dibangun dengan ukuran super mini 5nm. Qualcomm secara resmi meluncurkan modem 5G generasi ketiga, Snapdragon X60.

Ini adalah modem 5G pertama yang dibangun di atas simpul 5nm dan memungkinkan kecepatan unduh hingga 7,5 Gbps dan kecepatan unggah 3Gbps, sekaligus mendukung konektivitas 5G versi mmWave dan Sub-6.

Seperti X55 sebelumnya, X60 bekerja pada jaringan TDD dan FDD untuk dukungan 5G yang benar-benar global.

Selain itu, ia juga mendukung 4G LTE serta legacy 3G dan 2G.

Keuntungan terbesar dari modem baru adalah ukurannya. Pada 5nm, ini adalah kedua kalinya kami melihat produsen chip menurunkan di bawah tanda 7nm.

Tambahan baru lainnya adalah dynamic spectrum sharing (DSS) yang akan memungkinkan operator untuk menggunakan kembali pita LTE untuk kecepatan jaringan yang lebih tinggi dan mempercepat penyebaran 5G.

Radio Voice over new (VoNR) adalah fitur baru lainnya yang menghadirkan layanan suara berkualitas tinggi mandiri di atas 5G.

Chip baru ini juga dilengkapi dengan modul QTM535 mmWave yang diperbarui yang sekarang menawarkan jejak yang lebih kecil yang memungkinkan postur ponsel lebih ramping.

Modem Qualcomm X60 5G terbaru ini dijadwalkan muncul pada perangkat mulai awal 2021.