Thursday, April 2, 2020
Home Buyer's Guide Kilas Balik: 10 Inovasi Oppo Find X

Kilas Balik: 10 Inovasi Oppo Find X

-

Jakarta, Selular.ID – Oppo Find X2 sudah di depan mata. Vendor nomor satu di Indonesia itu bersiap mengumumkan flagship terbarunya pada gelaran MWC 2020 di Barcelona, akhir bulan ini.

Bila Anda kurang akrab dengan seri Find dari Oppo, hal itu bisa dimengerti. Perusahaan memang tidak meluncurkannya setiap tahun. Bahkan, Oppo Find X tiba selang empat tahun dari model sebelumnya, Find 7.

Indonesia termasuk negara gelombang pertama yang kebagian Oppo Find X pada Juli 2018, setelah diperkenalkan global satu bulan sebelumnya.

Sekarang, 20 bulan kemudian, perangkat yang dipastikan bernama Oppo Find X2 siap melenggang, kendati belum ada informasi mengenai ketersediaanya di Indonesia kelak.

Apa saja fitur yang akan dibawa Oppo Find X2? Sejauh ini VP perusahaan sudah mengonfirmasi ponsel akan mengusung layar 2K dengan refresh rate 120Hz.

Sambil menanti peluncuran Find X2, ada baiknya kita mengilas balik ponsel flagship sebelumnya. Seri berawal pada tahun 2011 dengan Oppo Find yang mengadopsi Android 2.2 Froyo, dilanjutkan dengan Find 3 pada 2012 dengan Android 2.3 Gingerbread. Kemudian Oppo Find 5 dan Find 7 hadir setelahnya. Dan terakhir, Find X melenggang pada 2018.

Saat diluncurkan, Oppo Find X memboyong segudang inovasi yang untuk kali pertama hadir di sebuah smartphone, pada masanya. Mulai dari kamera pop-up, layar waterfall, sampai pengisian kilat.

Berikut kilas balik 10 inovasi (pertama di smartphone) Oppo Find X yang mengejutkan konsumen Indonesia pada tahun 2018:

  • Pop-up Camera
  • Layar Full Screen
  • VOOC Flash Charge
  • Snapdragon 845
  • Port USB Type C
  • Wireless Charge
  • Layar Waterfall
  • Kamera Sony
  • Storage 256GB
  • Warna Gradasi

Pop-up Camera

Pertengahan 2018 kamera smartphone masih berlomba pada resolusi, namun Oppo mengguncang industri dengan kamera tersembunyi. Perusahaan menyebutnya Pivot Camera, yang menggunakan mekanisme sliding atau geser. Kamera hanya akan muncul ketika pengguna membuka menu kamera. Baik kamera depan maupun belakang. Selebihnya, kamera tidak akan terlihat, alias tersembunyi.

Layar Full Screen

Berkat kamera pop-up, layar Find X bisa sepenuhnya full. Permukaan depan tidak ada aksesoris notch (poni). Kamera depan dan earpiece diletakkan bersembunyi bersama pengaturan kamera geser. Oppo menyebutnya Panoramic Arc Screen, yaitu teknologi COP flexible screen untuk menghadirkan rasio layar sebesar 93,8%. Layar AMOLED 6,42 inci Full HD dan aspek rasio 19,5:9 sudah terlindungi Corning Gorilla Glass 5, di bagian depan dan belakang, bahkan di seluruh area persembunyian kamera.

VOOC Flash Charge

Kapasitas baterai besar sudah ada sejak 2017, namun tanpa dibarengi fitur fast charge, mengisi ulang daya baterai memakan waktu lebih dari tiga jam. Oppo adalah vendor pertama yang menawarkan fitur pengisian kilat bernama VOOC Flash Charge. Baterai 3.730mAh pada Find X bisa terisi penuh dalam waktu 120 menit.

Snapdragon 845

Oppo Find X adalah ponsel pertama di Indonesia yang didukung chipset tercepat saat itu, besutan Qualcomm. Bahkan flagship Samsung yang edar setelahnya, tidak dibekali Snapdragon 845 untuk Indonesia. Oppo Find X ditopang chipset Snapdragon 845 prosesor Octa-core dengan kecepatan hingga 2.8Ghz.

USB Type C

Tahun ini (2020) semua vendor mulai menerapkan USB Type C di produknya, namun Oppo sudah memulainya pada 2018 melalui Find X. Teknologi yang terlalu canggih untuk zamannya?

Wireless Charge

Find X merupakan ponsel pertama Oppo di Indonesia yang baterainya bisa diisi ulang secara nirkabel. Bahkan, vendor menghadiahi wireless charge pad untuk konsumen yang membeli Find X saat pre-order.

Layar Waterfall

Jika Anda mengira layar meluber sampai ke tepi adalah teknologi baru, Anda akan terperanjat mengetahui Oppo telah menerapkannya 2018 silam. Dan teknologi itu dihadirkan bukan pada LCD biasa, melainkan layar AMOLED 6,42 inci Full HD dan aspek rasio 19,5:9 yang sudah terlindungi Corning Gorilla Glass 5, depan dan belakang, bahkan di area persembunyian kamera yang pop-up.

Kamera Sony

Ponsel dibekali kamera ganda di belakang, yakni 16MP aperture f/2.0 dengan sensor Sony IMX 519, dan kamera sekunder 20MP aperture f/2.0 dengan sensor Sony IMX 376k. Kamera ini memiliki sejumlah fitur antara lain AI Recognition, AI Beautification, AR sticker, AI Portrait Mode, dan RAW HDR.

Untuk keperluan selfie, Oppo Find X dibekali kamera depan 25MP aperture f/2.0 dengan sensor Sony IMX 576. Khusus kamera depan ditemani fitur 3D structured light, Sensor HDR, 3D Omoji, 3D AI Beauty Technology, dan AI Portrait Mode.

Penyimpanan 256GB

Storage besar bukan hal yang aneh saat ini, namun pada tahun 2018, 256GB adalah memori terbesar di smartphone. Hanya ada satu varian konfigurasi, Oppo Find X yang dijual di Indonesia memiliki RAM 8GB dan internal storage 256GB. Sayangnya, pengguna tidak bisa menambah ruang penyimpanan karena tidak tersedia slot microSD.

Warna Gradasi

Find X termasuk salah satu ponsel pertama yang menampilkan panel belakang dengan warna gradasi. Di Indonesia, ponsel ditawarkan dalam dua varian warna: Bordeaux Red dan Glacier Blue. Oppo Find X dijual dengan harga debut Rp12.999.000.

Itu tadi 10 inovasi Oppo yang dihadirkan pada Find X 2018 silam. Wajar bila vendor tidak selalu meluncurkan flagship setiap tahun karena lompatan inovasi yang dihadirkan sangat maju untuk zamannya. Kira-kira apa saja inovasi yang akan disematkan Oppo pada Find X2, kita tunggu saja pengumumannya.

Latest