Saturday, March 28, 2020
Home News Market Update Xiaomi Sepenuhnya Kuasai Pasar Ponsel di India

Xiaomi Sepenuhnya Kuasai Pasar Ponsel di India

-

Jakarta, Selular.ID – Vendor asal China Xiaomi telah menjadi merek ponsel nomor satu India untuk pertama kalinya, termasuk smartphone dan feature phone, menggantikan Samsung Korea yang telah memegang posisi itu selama beberapa tahun, sesuai data IDC Oktober-Desember.

Untuk kuartal keempat 2019, Xiaomi menduduki puncak pasar dengan pangsa 16%, dibuntuti oleh Samsung dan Reliance Retail, yang menjual JioPhone, kata IDC.

Kepala Xiaomi India dan wakil presiden global Manu Jain mengatakan kepada ET bahwa smartphone Xiaomi akan cukup untuk mengungguli Samsung dan ponsel fitur dan smartphone Reliance Retail jika disatukan.

IDC menjelaskan, Xiaomi juga muncul sebagai pemimpin pasar yang sukses mengapalkan pengiriman tahunan sebanyak 43,6 juta unit pada 2019. Itu adalah pengiriman smartphone tertinggi yang pernah dibuat oleh merek apa pun dalam setahun, dengan pertumbuhan 9,2% setiap tahun.

Samsung, di sisi lain turun 2,8% setiap tahun, meninggalkannya dengan pangsa pasar 20,3% dibandingkan 28,6% Xiaomi, untuk 2019.

Tiga merek lain, yakni Vivo, Oppo dan Realme mengikuti dua merek teratas dengan saham masing-masing 10%, 7,2% dan 3,2% pada 2019.

Di segmen premium (US $ 500 +), Apple melampaui Samsung untuk posisi kepemimpinan dengan pangsa pasar 47,4% pada tahun 2019, didorong oleh penurunan harga yang agresif pada model generasi sebelumnya dan harga peluncuran iPhone 11 yang lebih rendah dibandingkan dengan iPhone XR.

Pasar ponsel India secara keseluruhan menyusut sebesar 12,5% dengan pengiriman tahunan 282,9 juta unit pada tahun yang lalu, karena tingkat keberhasilan yang terbatas dari ponsel fitur 4G.

Segmen smartphone mengirimkan 152,5 juta unit pada tahun 2019, peningkatan 8% “sederhana” pada tahun, tetapi itu cukup untuk mendorong India menjadi pasar smartphone terbesar kedua, melampaui AS, namun masih tertinggal dari China.

Latest