Friday, April 10, 2020
Home News Kominfo Targetkan Tiga Startup Unicorn hingga 2024

Kominfo Targetkan Tiga Startup Unicorn hingga 2024

-

Jakarta, Selular.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada tahun 2023, ditargetkan Joko Widodo, Presiden Indonesia untuk  cetak tiga startup unicorn baru.

Sehingga upaya untuk mencapai target itu  terus dilakukan salah satunya dengan seleksi nasional produk TIK 2020 atau Identik 2020.

Dikatakan Slamet Santoso, PLT Direktur Pemberdayaan Informatika Kemkominfo, ini salah satu sarana atau ajang kompetisi bagi teman-teman milenial yang mempunyai karya atau produk TIK untuk bisa didorong menjadi produk yang berkualitas.

“Dalam kurun empat tahun, berarti sampai tahun 2024, kami menargetkan ada 3 [startup] unicorn baru. Kalau sekarang kita ‘kan sudah punya 4 unicorn, dan 1 decacorn. Kami harap ke depannya sih bertambah lagi unicornnya,”ujar Slamet, di Jakarta (10/02/20).

Dikatakan Slamet, nanti pemenangnya, ada enam sektor yang diperlombakan, pemenangnya akan coba kita ikutkan program ASEAN ICT World 2020 yang tahun ini dilaksanakan di Malaysia.

Dijelaskan Slamet, bahwa internet sudah nyambung dari Sabang sampai Merauke dengan adanya Palapa Ring. Dan Internet user sudah mencapai 177 orang, dan ini merupakan modal bagi pengguna internet, suampaya event-event seperti ini bisa dimanfaatkan anak-anak muda milenial.

Artinya, menurut Slamet, mereka yang punya prototipe produk yang inovatif yang belum pernah dijual ke umum, jadi bebas.

“Ada enam kategori, yaitu public sector, private sector, digital content, company, R and D, dan CSR. Penutupannya pada 28 Mei, kemudian pengumumannya di bulan Juni.

Sejauh ini, Indonesia memang sudah punya 4 startup yang menyandang status unicorn, di antaranya Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, dan Ovo. Sementara Gojek sudah ‘naik kelas’ dengan gelar decacorn pada April 2019.

Selain menargetkan 3 startup unicorn baru, pihak Kominfo juga memiliki target lain yang masih berkaitan dengan pengembangan startup sampai tahun 2024.

Dan ditargetkan ada 7 sektor, yang bisa dihasilkan yaitu Agrikultur, perikanan, edukasi, health, tourism, maritim dan logistik.

Baca Juga :Telkom Kembali Gelar Indigo Game Startup Incubation

“Jadi tujuh ini masih kemungkinan, tapi kalau saya lihat dari tahun tahun kemarin, yang porensial lebih ke tourism, Agrikultur, sama logistik. Jadi kebanyakan mereka berkutat di situ. Ada sebagian juga sektor yang lain cuma Kecil peminatnya,”tutup Slamet.

Diketahui, status unicorn yang diberikan kepada Startup mengandung arti bahwa startup tersebut sudah memiliki nilai valuasi lebih dari $1 miliar.

TERBARU

Bantu Tunanetra, Google Luncurkan Braille Keyboard ‘Talkback’

Jakarta, Selular.ID - Google baru saja mengumumkan keyboard yang baru diluncurkannya, yakni sejenis Braille. Papan...

Menilik Lebih Dalam Kemampuan Kamera Oppo Find X2 Series...

Jakarta, Selular.ID - Besaran Megapiksel tak selalu menjadi tolak ukur kualitas kamera, melainkan ada...

Huawei Mempertimbangkan Chipset 5G dari Samsung dan MediaTek

Jakarta, Selular.ID - Larangan perdagangan antara Huawei dan AS mempengaruhi kedua belah pihak. Banyak...

Latest