Byte, Penerus Vine Sudah Tersedia di iOS dan Android

Jakarta, Selular.ID – Sekuel aplikasi video pendek Vine baru saja diluncurkan. Dom Hofmann, co-creator Vine, mengatakan aplikasi bernama Byte sekarang tersedia di iOS dan Android.

Sebelumnya, aplikasi ini sudah tersedia dalam bentuk beta untuk beberapa waktu, tetapi akhir pekan lalu versi stabil sudah diluncurkan.

Hofmann telah mengembangkan Byte selama bertahun-tahun, setelah ia keluar dari Vine tepat setelah diakuisisi oleh Twitter.

Aplikasi awalnya diberi nama V2 sebelum Hofmann resmi mengubah nama proyek menjadi Byte, pada Mei 2018.

Nama itu sendiri tidak bisa disamakan dengan Bytedance yang berbasis di Beijing, pembuat TikTok dari Cina. TikTok sekarang menjadi pesaing terbesar Byte, karena aplikasi kian meroket dengan konsep video pendek dari Vine. Instagram dan Snapchat juga mencoba, tetapi lebih banyak iklan, menjadikannya tidak ramah ke milenial.

Byte adalah aplikasi kreatif pendek dengan komponen sosial yang mirip dengan Vine asli, yang memungkinkan pengguna meng-kustomisasi soundtrack untuk memutar gambar dan GIF, seperti TikTok menggunakan musik berlisensi dan tema menyinkronkan bibir.

Sekarang, kita masih harus melihat apakah pengguna TikTok akan memberi kesempatan pada Byte agar aplikasi video 6 detik Vine bergema kembali.

Dalam sebuah wawancara dengan TechCrunch, Hofmann mengatakan Byte akan memperkenalkan mekanisme pembagian pendapatan untuk membantu pembuat konten, ketika aplikasi akhirnya memperkenalkan iklan.

“Kami akan mulai dengan pembagian pendapatan ditambah dengan dana kami sendiri. Kami akan memiliki detail lebih lanjut tentang bagaimana program percontohan akan bekerja segera,” kata Hofmann.

Dan dalam serangkaian tweet dari akun resmi Byte di Twitter, perusahaan mengatakan “kompensasi kreator adalah salah satu cara penting kami dapat mendukung kreativitas dan komunitas.”