Monday, March 30, 2020
Home Smartphone Apple Akan Gunakan Bahan Daur Ulang untuk Produksi iPhone

Apple Akan Gunakan Bahan Daur Ulang untuk Produksi iPhone

-

Jakarta, Selular.ID – Meningkatnya permintaan iPhone dipasaran turut menekan angka produksi menjadi tinggi. Untuk mengatasi hal tersebut, Apple dilaporkan tengah berencana untuk mendaur ulang mineral.

Melansir dari Reuters (13/01), langkah Apple ini diambil agar perusahaannya tak bergantung terhadap hasil pertambangan mineral. Pendapat ini disampaikan oleh Lisa Jackson, Kepala Lingkungan, Kebijakan dan Sosial Apple. Menurutnya, Apple tak perlu khawatir dengan situasi pertambangan.

“Tidak ada yang perlu ditakuti terkait perkembangan pertambangan,” ujarnya, dikutip dari Reuters.

Bahkan, Apple telah mengusung robot khusus bernama ‘Daisy’. nantinya Daisy menjadi bagian dari pabrikan ‘loop tertutup’ milik Apple. Kemampuan robot itu tak-tanggung-tanggung. Pasalnya, dalam waktu 1 jam mampu memproses hingga 200 iPhone. Daisy mampu memecah Apple menjadi 14 mineral yang bisa didaur ulang kembali, termasuk lithium.

Baca juga: Apple Total Jual 2 Miliar iPhone Sejak Debut

Sayangnya, langkah yang diambil Apple mengundang pro dan kontra. Salah satunya mengatakan langkah Apple justru mustahil. Pendapat tak setuju ini disampaikan oleh Kyle Wiens, Pendiri iFixit. Menurutnya, lebih memungkinkan bagi Apple untuk memperbaiki model iPhone lawas dibanding mencoba untuk daur ulang.

“Ada ego yang percaya bahwa mereka (Apple) bisa mendapatkan semua mineral mereka kembali, dan itu tak mungkin,” pungkasnya, dikutip dari PhoneArena, (14/01).

Disisi lain, Apple justru mendapat dukungan dari Tom Butler selaku Dewan Internasional untuk Kelompok Perdagangan Industri Logam dan Pertambangan. Menurutnya langkah pemilik iPhone justru patut ditiru.

“Apple berada dalam posisi yang patut ditiru karena mereka dapat melakukan ini, (daur ulang),” ujarnya.

Latest