Thursday, August 6, 2020
       
Home News Telco Outlook Tri Indonesia : Kita Tunggu Pemerintah Tetapkan Frekuensi 5G

Tri Indonesia : Kita Tunggu Pemerintah Tetapkan Frekuensi 5G

-

Jakarta, Selular.ID – Jaringan generasi kelima atau 5G membutuhkan banyak pihak untuk penerapannya. Tak semudah yang dibayangkan, 5G melibatkan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah hingga operator telekomunikasi itu sendiri.

Riza Taufan, GM 5G/LTE Architecture and App Hutchison 3 Indonesia, terkait dengan penerapan 5G menyampaikan masih menunggu regulasi dari pemerintah. Menurutnya, pemerintah perlu menetapkan di frekuensi mana 5G akan berada.

“Kita tunggu goverment (pemerintah), pihak yang mengeluarkan regulasi frekuensinya seperti apa,” ujarnya, melalui acara Selular Telco Outlook 2020, Senin (2/12).

Perlu diketahui, Tri Indonesia sudah melakukan uji coba 5G di frekuensi 28GHz. Adapun frekuensi 28GHz adalah salah satu dari ketiga frekuensi yang dibuka uji cobanya oleh pemerintah. Frekuensi lainnya yaitu 26GHz serta 3,5GHz.

Baca juga: Terkait Penerapan 5G, Indosat Ooredoo Ungkap Kemungkinan ‘Down’ Lagi

Namun, Riza menyebut frekuensi 28GHz hanya bisa menutupi disisi kapasitas, tak menutup secara keseluruhan kebutuhan 5G.

“itu untuk kapasitas (frekuensi 28GHz), jadi memang untuk coverage (menutupi) tetap big band 3,5GHz.” pungkasnya.

Saat regulasi serta frekuensi 5G telah ditetapkan oleh pemerintah, Tri Indonesia mengklaim akan mempersiapkan infrastrukturnya.

“Dari kita, kita siapkan infrastruktur jadi dari sisi core kita juga siapkan untuk 5G jadi kalo sudah ada aturan yang segera keluar kita siapkan,” ungkapnya.

Adapun saat ini, Riza menyebut tengah fokus membangun infrastruktur 4G di luar Jawa. Menjelang akhir tahun 2019 nanti, Tri Indonesia menargetkan 90 persen dari 8000 BTS dapat dibangun.

“Pada akhir tahun 2019 ini kami usahakan meyelesaikan 90 persen dari 8000 BTS. Jadi memang fokus kita di 4G meningkatkan kapasitas di Network kita dan juga ekspansi ke area yang baru.” paparnya.

Upcoming Event

Upcoming Event

Latest