Twitter Gulirkan Fitur Otentikasi Dua Faktor Tanpa Nomor Telepon

Jakarta, Selular.ID –Twitter mengungkapkan bahwa pihaknya tengah berupaya meningkatkan ketergantungannya pada nomor telepon.
Yakni, dengan menghadirkan dukungan otentikasi dua faktor tanpa menggunakan nomor telepon, hal tersebut telah diuji coba sejak 21 September 2019.

Dalam laman resmi Twitter di jelaskan, autentikasi dua faktor adalah lapisan keamanan tambahan untuk akun Twitter. Selain memasukkan kata sandi untuk masuk, pengguna juga harus memasukkan kode atau menggunakan kunci keamanan.

Langkah tambahan ini membantu memastikan bahwa akun
hanya dapat diakses oleh pengguna semata.

Setelah mengaktifkan fitur ini, pengguna akan memerlukan kata sandi serta metode masuk kedua baik dengan kode, konfirmasi masuk melalui aplikasi, maupun kunci keamanan fisik untuk masuk ke akun.

Seperti dilaporkan BGR, hal tersebut untuk mengamankan akun dengan otentikasi dua faktor, tanpa menyediakan nomor telepon.

Sayangnya, implementasinya masih belum sempurna dengan kunci keamanan. Seorang insinyur Twitter menjelaskan bahwa jika pengguna menggunakan kunci keamanan seperti Yubikey, pengguna masih harus memiliki metode otentikasi kedua seperti SMS atau aplikasi dua faktor. Ini karena kunci keamanan tidak didukung di luar versi web Twitter.

Meski begitu sampai sekarang, pengguna masih diharuskan untuk menambahkan nomor telepon ke akun Twitter mereka sebagai metode otentikasi.

Baca Juga :Supaya Penggunanya Update, Twitter Rilis Fitur Topik

Meskipun penerapan Twitter masih belum sempurna, tentu hal ini bagus melihat perusahaan membuat langkah signifikan di bidang ini.

Untuk mennggunakannya, pengguna dapat melihat langkah-langkah yang sudah ditulis dalam laman resmi Twitter.