Sunday, October 20, 2019
Home News Security Ternyata Facebook Akses Bluetooth Pengguna

Ternyata Facebook Akses Bluetooth Pengguna

-

Jakarta, Selular.ID – Fitur keamanan menjadi hal penting dalam sebuah smartphone. Bahkan, beberapa vendor smartphone berusaha untuk terus meningkatkan fitur keamanan, seperti halnya Apple.

Seperti yang diketahui, Apple telah meningkatkan fitur keamanannya dalam iOS 13 yang rencananya rilis pada 19 September mendatang.

Meskipun begitu, pengguna iPhone sudah bisa menjajal versi beta iOS 13 sejak pertengahan tahun 2019.

Melalui uji versi beta tersebut, pengguna akan mandapat notifikasi keamanan jika ada aplikasi pihak ketiga yang berusaha mengakses data mereka.

Termasuk yang baru-baru ini heboh bagi pengguna iOS 13, Facebook berusaha mengakses perangkat Bluetooth mereka.

Baca juga:ย Amankan Akun Facebook, Aktifkan Fitur Ini

Facebook di iOS 13

Dilansir dalam sebuah cuitan di Twitter, pengguna akan mendapat notifikasi bahwa Facebook akan meminta izin untuk mengakses Bluetooth mereka. Hal ini tergantung dari pengguna, akan mengizinkannya atau tidak.

Tentunya hal ini termasuk wajar, tetapi jika dilihat lebih dalam, iOS 13 telah mengalami peningkatan sistem keamanan berbeda dengan iOS sebelumnya.

Ada dugaan bahwa Facebook selama ini memang mengakses bluetooth pengguna iOS tanpa izin.

Dengan mengakses bluetooth, memungkinkan bagi Facebook untuk dapat melacak lokasi mereka secara akurat dan juga memantau kedekatan dengan smartphone lain.

Dilansir dalam TechCrunch, upaya Facebook ini dilakukan untuk menggambarkan hubungan seseorang dengan yang lain dalam lingkungan yang berbeda-beda. Meskipun begitu, pengguna iOS 13 masih bisa menolak izin akses tersebut.

Baca juga:ย iPhone X Series Akan Terima Fitur Kamera iPhone 11

Menanggapi masalah ini, Facebook telah menulis dalam blog resminya. Platform raksasa itu menyatakan bahwa mereka tidak memaksakan penggunanya untuk memberikan akses data pribadi.

Sayangnya, Facebook mengatakan masih bisa mengakses data yang tidak bisa dikontrol oleh penggunanya.

“Kami mungkin masih memahami lokasi Anda menggunakan hal-hal seperti check-in, acara, dan informasi tentang koneksi internet Anda,” tegas Facebook dalam blognya.

Latest