Monday, September 23, 2019
Home Tips Ikuti Cara Berikut Untuk Coba Fitur Baru Android 10

Ikuti Cara Berikut Untuk Coba Fitur Baru Android 10

-

Jakarta, Selular.ID – Google baru saja mengumumkan OS terbarunya, Android 10 yang juga dilengkapi dengan 10 keunggulan di dalamnya. Bagi Anda yang penasaran mencobanya, bisa mengikuti cara coba fitur baru Android 10 berikut.

Cara Mencoba Fitur Baru Android 10

Menginstall Android 10

Pertama, Anda tentunya harus menginstall OS baru sebelum bisa lanjut ke cara coba fitur baru Android 10 yang lain. Sebelum itu Anda harus mengamankan data-data di Smartphone Anda, bisa dengan membuat cadangan dari Ponsel bawaannya ataupun mengungahnya ke platform Google Drive.

Baca juga: Android 10 Akhirnya Resmi Digulirkan

Untuk menginstall Android 10 caranya cukup mudah, yakni hanya dengan membuka pengaturan ponsel Anda, kemudian pilih sistem. Selanjutnya pilih ‘tingkat lanjut’ dan tekan ‘Pembaruan sistem’.

Setelah sistem berhasil terinstall, berikut beberapa langkah dalam mencoba fitur baru dari Android 10.

Gestures

Jika Anda masih terasa asing dengan fitur ini, digambarkan oleh TheVerge fitur baru ini mirip dengan yang digunakan pada iPhone belum lama ini.

langkah mengaktifkan fitur ini yaitu dengan membuka pengaturan dalam ponsel Anda, pilih ‘Sistem’ dan tekan ‘Gerkan navigasi 3 tombol. Selanjutnya, akan muncul tiga pilihan pada halaman, pilih ‘Gesture Navigation’. Nah setelah itu terdapat GIF yang akan memandu gerakan Anda.

Baca juga: Tidak Hanya iOS, Situs Web ini Juga Meretas Android dan Windows

tidak hanya itu, terdapat pula roda pengatur sensitivitas layar Anda. Hal itu memungkinkan bagi Anda untuk meningkatkannya sehingga tidak perlu usaha dalam melakukan gerakan ini.

Dark Mode

Google rupanya mengikuti trend ‘dark mode’ yang populer belakangan ini. Hal ini karena Dark Mode mampu menghemat baterai Anda lebih tahan lama.

Cara mengaktifkan mode ini cukup mudah, hanya dengan mengatur tampilan Smartphone Anda menjadi ‘Dark Mode’. maka keseluruhan ponsel Anda akan berlatar belakang hitam

Focus Mode

Pertama, untuk bisa menjajal mode ini Anda harus menjadi bagian dari program beta ‘Digital Wellbeing’. jika tidak, Anda bisa mendaftarnya untuk versi beta dan tunggu hingga beberapa menit setelah berhasil mendaftarnya.

Setelah itu anda bisa mencobanya dengan memilih ‘Digital Wellbeing & Parents Control’ dalam pengaturan Anda. kemudian tekan ‘Ways Disconnect’.

Baca juga: Android 10 Usung Konsep Berbeda

Tersedia 3 pilihan pengaturan mode fokus ini, diantaranya Dashboard akan memungkinkan bagi Anda untuk menghitung waktu penggunaan aplikasi tertentu. jika waktu telah habis, maka dengan otomatis akan langsung berhenti bergulir.

Selanjutnya, Anda dapat menikmati waktu malam Anda dengan ‘Wind Down’. Hal itu memungkinkan bagi Anda untuk megatur cahaya malam pada layar Smartphone Anda, serta akan ada notifikasi bahwa sudah waktunya untuk tidur. bahkan, anda juga dapat mengaktifkan fitur ‘Do not distrub’ diantara fitur lainnya.

Location Permissions

saat ini, banyak aplikasi yang meminta izin lokasi Anda, tetapi tidak usah khawatir karena dalam Android 10 Anda bisa mengatur itu. android Q memungkinkan Anda untuk mengubah izin permintaan lokasi sesuai dengan keinginan Anda.

Caranya terdapat dalam pengaturan Anda, buka izin aplikasi, kemudian pilih lokasi. beberapa ponsel bisa langsung mematikan lokasi dari aplikasi, tetapi sebagian lainnya harus melewati beberapa langkah.

Baca juga: 10 Aplikasi Pembuat GIF di Android

Dalam versi Android Q, Anda akan mendapat daftar semua aplikasi yang memiliki izin untuk dapat melacak lokasi ponsel Anda. Ketuk nama setiap aplikasi untuk mengubah izinnya menjadi ‘Izinkan sepanjang waktu’, ‘Hanya izinkan saat menggunakan aplikasi, atau ‘tolak’. Anda dapat menyesuaikannya sendiri.

Latest