Monday, September 23, 2019
Home News Security Fitur Privasi Instagram Bisa Bocor

Fitur Privasi Instagram Bisa Bocor

-

Jakarta, Selular.ID – Fitur private dalam instagram dikabarkan bisa diakses pengguna lain.

Dilaporkan dari Buzzfeed hari ini (10/9), Instagram memiliki kelemahan sistem keamanannya dalam menangani postingan sebuah akun pribadi.

Dalam laporannya, Buzz mengatakan hanya dengan melakukan sebuah klik pada instagram versi web, maka dengan mudahnya dapat mengekspos URL dari postingan pribadi dan ‘stories’ di Akun pribadi Instagram.

Hal ini bisa Anda coba dengan menggunakan alat “Inspect Elements”. Dengan mengetuk bagian “Img” dari tajuk Jaringan, Anda dapat menemukan URL dari gambar Instagram yang Anda klik, baik itu cerita ataupun foto.

Baca juga: Begini Fitur Kencan Dalam Facebook yang Mirip Tinder

Pada akhirnya, URL berisi postingan pribadi instagram kemudian dapat dibagikan dan dilihat oleh siapa saja, termasuk orang yang tidak mengikuti akun pribadi yang dimaksud.

Bahkan, dengan melakukan trik yang sama, Anda bisa mengambil semua foto dalam akun pribadi tersebut, termasuk profil pengguna dari followers akun itu.

Tentunya sebelum itu, pengguna diharuskan mengikuti akun yang ingin dieksploitasi, tetapi kelemahan dan kemudahan mengeksploitasi itu merupakan pengawasan untuk privasi dan keamanan tim Instagram.

Menurut laporan dari BuzzFeed , URL ini masih bisa mengambil gambar dari server Facebook bahkan setelah postingan instagram dihapus.

Baca juga: Pengatur Spam Instagram Segera Dirilis

Lebih lanjut BuzzFeed mengatakan URL untuk cerita pribadi akan mengembalikan cerita selama beberapa hari setelah tanggal kedaluwarsa.

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa metode yang sama berfungsi untuk mengambil URL posting dan foto Facebook pribadi.

Facebook turut memberikan responnya terkait insiden kebocoran privasi ini,  mengatakan hal itu tidak berbeda dengan mengambil ‘screenshot’ suatu pos.

Lebih lanjut, Perusahaan pemilik Instagram itu juga mengatakan belum melihat penyalahgunaan terkait dengan fitur privasi dalam instagram.

“Perilaku yang dijelaskan di sini sama dengan mengambil tangkapan layar foto teman di Facebook dan Instagram serta membaginya dengan orang lain. Itu tidak memberi orang akses ke akun pribadi seseorang,” tegas juru bicara Facebook dilansir dari The Verge.

Latest