Tuesday, June 2, 2020
Home News Telco 3 Indonesia Berharap Ibu Kota Baru Dibangun Dengan Konsep Integrasi

3 Indonesia Berharap Ibu Kota Baru Dibangun Dengan Konsep Integrasi

-

Surabaya, Selular.ID – 3 Indonesia sebagai salah satu operator di Indonesia siap mendukung keputusan pemerintah menggenai ibu kota yang akan pindah ke Kalimantan Timur.

Danny Buldansyah, Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia mengungkapkan bahwa 3 Indonesia mendukung keputusan pemindahan ibu kota dan akan menyediakan layanan telekomunikasi seluler yang dapat diandalkan penggunanya.

“Kami justru menunggu blueprint dari pemerintah. Tapi yang pasti karena itu ibu kota, 3 akan sediakan layanan terbaik di sana,” kata Danny,  di Surabaya, (5/09/19)

Danny mengatakan, jaringan Tri Indonesia ada di kalimantan dan bakal terus ditingkatkan seiring dengan pemindahan ibu kota ke Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Panajam Paser Utara.

3 Indonesia berharap ibukota ini dibangun dengan konsep kota terintegrasi. Artinya, menurut Danny sudah ada jaringan untuk fasilitas air listrik, telekomunikasi dan gas.

“Itu harus sudah dibangun ketika kota didesain dibangun smart city. Smart city pasti akan menyebar di kota – kota besar. Ini peran 4G dan 5G untuk lebih tinggi lagi.Jaringan Tri sudah ada di Kalimantan. Sementara, untuk (jaringan) 5G akan menunggu kebijakan pemerintah,” tutur Danny.

Diketahui, Smart city merupakan wilayah kota yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari, dengan tujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan warga.

Integrasi teknologi dalam tata kelola kota dimungkinkan berkat keberadaan internet of things, yaitu jaringan perangkat elektronik yang saling terhubung dan mampu mengirim data ataupun melakukan tindak lanjut dengan campur tangan manusia yang minimal.

Mengenai informasi detail mengenai informasi soal infrastruktur, Danny masih enggan berbicara terlalu jauh. Menurut dia, semua itu akan menunggu kebijakan pemerintah.

Sementara menangapi pernyataan, Rudiantara terkait pembangunan fiber optik di wilayah perbatasan Kalimantan Malaysia, yang menyarankan untuk sistem berbagi, jika operator turut berpartisipasi.  Menurut Danny, itu merupakan rencana  sangat baik.

Alasannya, 3 Indonesia selalu mencari opsi yang paling menguntungkan atau ekonomis. Ia menuturkan konsep sharing adalah yang paling terbaik.

Ia menganggap persaingan bisnis bukan masalah infrastruktur, melainkan ingin harga infrastruktur turun. Persaingan menurut Danny adalah dalam memberikan pelayanan dan kualitas terbaik untuk pelanggan.

Baca Juga :Uji Jaringan 5G, 3 Indonesia Gaet Mahasiswa dengan Hologram

“Memang ada beberapa operator yang menganggap bahwa infrastruktur adalah competitive advantage, jadi enggak mau berbagi. Menurutnya akan menguntungkan operator lain,” tutup Danny.

 

TERBARU

Lonjakan Trafik Selama Masa Pandemi Tidak Membahayakan Lingkungan

Jakarta, Selular.ID - Lalu lintas jaringan yang meningkat selama tindakan penguncian Covid-19 (corona virus)...

Triasmitra Menangkan Kasus Perusakan Kabel Fiber Optik Bawah Laut

Jakarta, Selular.ID – PT Ketrosden Triasmitra (Triasmitra) berhasil memenangkan kasus pengrusakan sistem komunikasi khususnya...

Dorong Vendor Tingkatkan Produksi, India Melonggarkan Kebijakan Ponsel

Jakarta, Selular.ID - India membuat langkah besar menuju insentif dan memperluas produksi lokal dari...

Latest