Wednesday, July 8, 2020
Home News Security Hati-Hati, Secara Terselubung Situs Web ini Meretas iPhone Anda

Hati-Hati, Secara Terselubung Situs Web ini Meretas iPhone Anda

-

Jakarta, Selular.ID – Baru-baru ini peneliti keamanan Google melaporkan adanya sejumlah situs web berbahaya yang bisa meretas iPhone milik pengunjungnya.

Dilansir dari TechCrunch (30/8), situs web itu mampu mengekploitasi serangkaian kekurangan perangkat lunak dari iPhone yang sebelumnya tidak terungkap.

Ditulis dalam blognya, Google’s Project Zero melaporkan terdapat sekitar ribuan pengunjung web setiap minggunya yang tidak mencurigai web sembarangan tersebut.

“Cukup mengunjungi situs yang diretas, sudah cukup bagi server eksplosit untuk menyerang perangkat Anda, dan Jika berhasil (meretas) menginstal pemantau,” ujar Ian Beer selaku peneliti kemanan di Google’s Project Zero.

Baca juga: Apple iPhone XR 2019 Tampil Dengan USB Type-C

Lebih lanjut Ian mengatakan, setidaknya sudah 2 tahun situs web tersebut meretas iPhone pengunjung webnya.

Para peneliti menemukan lima rantai eksploitasi berbeda yang melibatkan 12 kelemahan keamanan terpisah, termasuk tujuh yang melibatkan Safari, peramban web bawaan pada iPhone.

Hal itu memungkinkan penyerang mendapat akses ‘Rooting’ ke perangkat iPhone sehingga penyerang memperoleh akses ke berbagai fitur perangkat yang biasanya terlarang bagi pengguna.

Bahkan, lebih lanjut TechCrunch melaporkan penyerang dapat diam-diam menginstall aplikasi jahat untuk memantau pemilik iPhone tanpa sepengetahuan mereka.

Berdasarkan data analisis yang dimiliki oleh Google, kerentanan tersebut digunakan untuk mencuri foto dan pesan pengguna serta bisa melacak lokasi mereka dalam waktu dekat. mengejutkannya, melalui pemantauan itu penyerang juga dapat mengakses bank sesuai dengan kata sandi yang disimpan pengunjung web.

Baca juga: Resmi, Ini Tanggal Perilisan iPhone 11

Kabar baiknya, Apple telah mengeluarkan perbaikan privasinya melalui iOS 12.1.4 untuk iPhone 5S dan iPad Air yang lebih baru.

Latest