Sunday, August 25, 2019
Home News Feature Macrumors: iPhone 5G Akan Meluncur di 2020

Macrumors: iPhone 5G Akan Meluncur di 2020

-

Jakarta, Selular.ID – Dibandingkan para pesaingnya, Apple terbilang terlambat dalam pengembangan 5G. Dua rival terdekat, Samsung dan Huawei, bahkan telah memastikan September mendatang, menjadi waktu peluncuran smartphone 5G layar lipat, setelah mengalami penundaan.

Namun tentu saja, raksasa asal Cupertino itu, tak ingin ketinggalan kereta. Apple diperkirakan bakal menyematkan teknologi 5G pada iPhone generasi baru.

Ambisi Apple untuk menggabungkan teknologi selular dalam perangkat-perangkatnya, didorong oleh akuisisi senilai US$ 1 miliar dari bisnis modem ponsel cerdas yang sebelumnya dimiliki Intel.

Tak dapat dipungkiri, akuisisi bisnis modem ponsel cerdas Intel, yang diumumkan minggu lalu, akan memberi perusahaan lebih banyak sumber daya untuk mengembangkan ponsel 5G, sehingga memberikan kemampuan di seluruh jajaran produknya untuk tahun ini.

Macrumors melaporkan bahwa Apple berencana untuk memasukkan 5G pada dua dari tiga model yang direncanakan pada 2020.

Namun memasuki semester kedua tahun ini, fokus perusahaan adalah mengembangkan semua smartphone dengan teknologi yang telah dikuasai, agar bisa lebih bersaing dengan perangkat Android berbiaya rendah.

Macrumors mengutip komentar yang dibuat oleh analis Apple Ming-Chi Kuo, yang dibagikan kepada investor perusahaan.

Kuo mengatakan, Apple perlu lebih agresif dengan 5G pada 2020, karena perangkat tradisional mereka yang lebih mahal perlu mengakomodasi teknologi saat permintaan tumbuh.

“Model iPhone yang akan dijual dengan harga lebih tinggi harus mendukung 5G untuk memenangkan lebih banyak subsidi dari operator seluler, sekaligus minat beli konsumen”, katanya.

Model 2020 juga diharapkan kompatibel dengan spektrum mmWave dan sub-6GHz untuk memenuhi persyaratan pasar AS, namun tidak jelas apakah perusahaan akan menawarkan iPhone 5G yang beroperasi di sub-6GHz saja.

Perangkat seperti itu akan menurunkan biaya dan menargetkan pasar seperti China, tetapi Kuo tidak yakin apakah perusahaan akan dapat mengejar proyek seperti itu.

Selain teknologi 5G, iPhone 2020 dapat tersedia dalam berbagai ukuran, dengan iPhone high-end 5,4 dan 6,1 inci, serta varian 6,1 inci yang lebih rendah.

Apple sesungguhnya juga tengah menyiapkan jajaran smartphone terbaru pada 2019, yang juga diperkirakan terdiri dari tiga iPhone. Namun line up terbaru itu, diperkirakan tidak mendukung teknologi 5G.

Latest