Sunday, July 21, 2019
Home News iPhone 5G Meluncur Tahun Depan?

iPhone 5G Meluncur Tahun Depan?

-

Jakarta, Selular.ID – Jika dibandingkan dengan brand smartphone Android, yang berlomba-lomba menyediakan ponsel 5G, Apple bisa dikatakan cukup lambat.

Pasalnya brand seperti Samsung, LG, dan OnePlus telah merilis ponsel 5G terlebih dulu. Kendati seperti itu, bukan berarti Apple tinggal diam mengenai smartphone 5G.

Seperti dilaporkan The Verge, baru-baru ini, menurut Ming-Chi Kuo, seorang analis menyebutkan pada 2020 iPhone terbaru akan kompatibel dengan jaringan 5G. Kabar ini sesuai dengan rumor yang menyebutkan bahwa Apple memang baru akan merilis iPhone 5G pada 2020.

Versi premium dari iPhone yang diluncurkan Kuo juga menyebutkan, semua iPhone yang diluncurkan pada 2021 sudah akan dapat memanfaatkan jaringan 5G. Meskipun begitu, saat ini, keberadaan jaringan 5G masih sangat terbatas.

Diketahu latar belakang iPhone 5G lebih lambat, selain keberadaan jaringan 5G yang terbatas, Dilaporkan Mac Rumors, Timothy Arcuri, Analis dari UBS baru-baru ini, menyimpulkan, penyebabnya adalah kelangkaan pasokan chipset pilihan untuk menunda ketersediaan ponsel 5G.

Hal itu juga mungkin didukung oleh masalah hukum antara Apple dengan Qualcomm. Perselisihan keduanya itu membuat Apple harus menggunakan chip modem bikinan Intel.

Menurut laporan yang ada, chip modem 5G Intel membuat iPhone menjadi tak stabil dan menyedot daya baterai yang terlalu besar. Alhasil mereka harus menunggu sampai chip modem tersebut stabil saat dibenamkan ke dalam iPhone.

Apple sempat dikabarkan sedang mengembangkan modem 5G sendiri meskipun belum ada konfirmasi tentang kabar tersebut. Modem 5G Apple diperkirakan meluncur pada 2021.

Apple telah bermitra dengan Intel untuk kebutuhan modem di iPhone terbaru, iPhone XS dan XR. Sayangnya, Intel juga belum membuat modem 5G sampai saat ini. Intel akan meluncurkan modem 5G perdana pada semester pertama 2020.

Sementara jaringan 5G, di Amerika Serikat, operator Verizon telah meluncurkan layanan 5G di 4 kota termasuk Los Angeles.

Latest