Sunday, October 20, 2019
Home News Adobe Siapkan Software Pendeteksi Foto Editan

Adobe Siapkan Software Pendeteksi Foto Editan

-

Jakarta, Selular.ID – Demi mengurangi penyebaran informasi menyesatkan, terkait maraknya foto rekayasa yang dapat merugikan, Adobe mengembangkan teknologi AI (artificial intelligence) untuk mendeteksi foto asli atau editan Photoshop.

Tim Adobe dan kelompok peneliti asal University of California Berkeley, konsen terhadap masalah tersebut.
Richard Zhang, peneliti Adobe mengungkapkan, bahwa saat ini masyarakat hidup di zaman yang sulit untuk mempercayai apa yang dilihat di internet ketika diuji, dan jaringan neural ini bisa mendeteksi gambar yang diedit dengan tingkat ketepatan 99 persen. Sebagai perbandingan, tingkat ketepatan manusia hanya sebesar 53 persen saja.

Seperti dilaporkan Cnet, tim Adobe dan peneliti UC Berkeley akan melatih convolutional neural network (CNN) untuk menemukan titik perubahan di gambar yang diedit dengan fitur Photoshop.

CNN akan menyasar obyek yang diubah dengan salah satu fitur populer Photosop bernama “Face Aware Liquify”. Fitur ini berfungsi untuk mempermak bentuk wajah seperti bagian mata atau mulut. Face Awal Liquify yang memang didesain khusus untuk daerah mata, mulut dan fitur wajah yang mendetail lainnya. CNN bisa mengidentifikasi bagian mana dan metode apa yang digunakan untuk memoles wajah.

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya Adobe melakukannya. Mereka bahkan punya target spesifik untuk mendalami manipulasi wajah.

Alat ini juga disebut bisa mengembalikan gambar ke prediksi bentuk semula sebelum diedit. Ini adalah langkah penting untuk bisa mendeteksi jenis pengeditan gambar tertentu, serta kemampuan pembatalan yang bekerja sangat baik.

Latest