Monday, August 26, 2019
Home News Telco Vietnam Siap Gelar Jaringan 5G Tanpa Huawei

Vietnam Siap Gelar Jaringan 5G Tanpa Huawei

-

Jakarta, Selular.ID – Vietnam akan menjadi salah satu negara pertama di Asia Tenggara yang mengimplementasikan 5G. Operator selular lokal berlomba untuk mengembangkan jaringan nasional pertama negara itu.

Namun teknologi telekomunikasi generasi kelima itu kemungkinan akan tiba di negara itu tanpa dukungan raksasa teknologi Cina, Huawei.

Operator terbesar Vietnam, Viettel, mengumumkan pada 25 April bahwa mereka telah berhasil menguji coba stasiun siaran 5G di Hanoi dengan kecepatan 600 hingga 700Mbps, setara dengan Verizon di AS.

Tes jaringan 5G penuh dijadwalkan terjadi bulan ini, kata Viettel. Layanan 5G ke pelanggan akan tersedia setelahnya jika uji coba penuh berhasil.

Viettel mengklaim telah mengembangkan teknologi intinya sendiri untuk jaringan 5G, termasuk chip dan perangkat. Bahkan, perusahaan mengatakan akan memproduksi 80% infrastruktur jaringan inti yang diperlukan untuk jaringan pada 2020. Sisanya akan datang dari pemasok.

Dikutip dari South China Morning Post, Viettel mengatakan sekarang tidak menggunakan dan tidak akan menggunakan peralatan Huawei, bahkan untuk jaringan 4G saat ini.

Sementara itu, MobiFone, operator seluler Vietnam lainnya yang mendapat lisensi untuk uji coba jaringan 5G, memilih untuk menggunakan teknologi Samsung.

Vinaphone, perusahaan telekomunikasi besar lainnya yang kemungkinan akan segera mendapatkan lisensi percobaan 5G, telah menjalin kemitraan dengan Nokia.

Absennya Huawei di pasar 5G Vietnam sangat kontras dengan pendekatan tetangga seperti Filipina dan Thailand, di mana perusahaan telekomunikasi terus menggunakan peralatan perusahaan teknologi China, meskipun ada kekhawatiran keamanan yang meningkat di negara-negara seperti Australia, Selandia Baru, Jepang dan AS.

Di Indonesia, operator masih mendalami masalah Huawei dan saat ini belum sampai pada keputusan untuk berhenti menggunakan atau terus menggunakan. Contohnya seperti yang disampaikan Dirut XL Axiata Dian Siswarini pekan lalu.

Dian mengatakan untuk teknologi 4G saat ini perusahaan masih menggunakan Huawei, namun untuk 5G mendatang, belum ada keputusan.

Tampaknya, untuk saat ini, keputusan negara Asia Tenggara untuk tidak menggunakan Huawei mungkin berasal dari kombinasi pertimbangan ekonomi dan keamanan.

Ya, akan tetap ada masalah biaya. Apakah Viettel dan perusahaan lokal lain Vietnam bisa berhasil mengembangkan teknologi 5G mereka sendiri dan menghasilkan peralatan yang bisa diandalkan dengan harga yang terjangkau? Kita lihat saja.

Latest