Monday, May 27, 2019
Home News Ada Bug di Twitter, Bagikan Data Lokasi Pengguna ke Mitra

Ada Bug di Twitter, Bagikan Data Lokasi Pengguna ke Mitra

-

Jakarta, Selular.ID – Masalah keamanan kembali terjadi di Twitter. layanan jejaring sosial dan mikroblog ini mengungkapkan bahwa ada bug, yang mengakibatkan data lokasi akun dibagikan pada mitra Twitter.

Dilaporkan Engadget, bahkan data lokasi akan tersebar, meskipun pengguna belum memilih untuk berbagi data itu,

Bug ini kabarnya hadir di sebagian Twitter pengguna iOS. Umumnya, pengguna yang terpengaruh memiliki lebih dari satu akun Twitter di iOS.

Salah satu juru bicara Twitter mengungkapkan, bahwa Twitter
mungkin secara tidak sengaja mengumpulkan data lokasi untuk akun atau akun lain pada perangkat seluler yang sama, juga, bahkan ketika akun-akun itu tidak berbagi data lokasi.

Informasi ini kemudian dibagikan pada mitra Twitter yang tidak disebutkan namanya, artinya mereka menerima data lokasi yang tidak sah.

Twitter mencatat bahwa tidak satu pun dari data yang dibagikan adalah data lokasi yang tepat, karena data itu sudah berubah menjadi hanya kode ZIP atau kota.

Artinya, data tidak dapat digunakan untuk menentukan alamat atau untuk memetakan pergerakan pengguna secara tepat. Twitter meyakinkan pengguna yang terkena dampak, bahwa mitra yang menerima data lokasi tidak menerima pengidentifikasi akun, sehingga tidak dapat menentukan identitas pengguna.

Twitter telah memperbaiki masalah tersebut dan memastikan itu tidak terjadi lagi. Twitter juga telah berkomunikasi dengan orang-orang yang akunnya terkena dampak untuk memberi tahu mereka bahwa bug telah diperbaiki.

Twitter tidak mengumumkan kapan masalah bug tersebut akan selesai. Juga tidak menyebutkan nama mitra yang memiliki data, atau menjelaskan bagaimana bug semacam itu muncul.

Twitter pun menyarankan untuk memeriksa pengaturan privasi dan memastikan penggunanya hanya berbagi data yang diinginkan.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest