Friday, November 22, 2019
Home Devices Kehadiran 5G Picu Produksi Perangkat Komersial

Kehadiran 5G Picu Produksi Perangkat Komersial

-

Jakarta, Selular.ID – Asosiasi Pemasok selular global (GSA) mengidentifikasi, sedikitnya 23 vendor telah mengkonfirmasi perangkat 5G yang akan datang. Mereka memperkenalkan apa yang diklaimnya sebagai basis data pelacakan industri pertama yang diluncurkan di seluruh dunia.

GSA juga mencatat bahwa sejumlah faktor bentuk (form factor) tengah dalam pengerjaan, dengan 12 ponsel (plus varian regional), empat hotspot (versi lokal), delapan perangkat CPE (indoor dan outdoor), lima modul, dua dongle snap-on/adaptor dan satu terminal USB.

Chipset yang kompatibel yang telah diumumkan sudah tersedia dari lima vendor. Masing-masing Huawei, Intel, Mediatek, Qualcomm, dan Samsung.

Joe Barrett, presiden GSA, mengatakan bahwa layanan komersial membutuhkan perangkat komersial, sehingga momentum di balik perangkat 5G merupakan tolok ukur penting untuk peluncuran layanan 5G di seluruh dunia.

“Perangkat 4G awal adalah modem dan dongle, dengan 5G kita melihat smartphone memimpin dengan ketersediaan komersial. Ini memberikan indikasi awal di mana industri berharap melihat tumbuhnya peluang bisnis 5G”, ujar Joe.

Tentu saja, daftar itu termasuk prototipe dan produk lain yang belum tersedia, dan yang mungkin tidak terlihat secara langsung dari sisi komersial, imbuhnya.

Namun, Joe mengatakan, bahwa itu menunjukkan luasnya ekosistem 5G potensial, baik dari segi vendor dan faktor bentuk, ketika saatnya nanti pasar bergerak menuju fase puncak.

Latest