Thursday, November 21, 2019
Home News Market Update Intel Tinggalkan Bisnis Smartphone 5G

Intel Tinggalkan Bisnis Smartphone 5G

-

Jakarta, Selular.ID – Pada hari yang sama ketika Apple dan Qualcomm mengakhiri perang hukum yang sudah berjalan lama, Intel mengumumkan akan meninggalkan bisnis modem 5G smartphone.

Waktu pengumuman Intel agak menarik, karena perusahaan diduga akan menawarkan modem 5G ke Apple untuk perangkat pertama iPhone 5G.

Rumor menyebutkan, modem 5G Intel akan mendarat di iPhone pada 2020 atau 2021, sementara perusahaan sendiri sebelumnya pernah mengatakan modem 5G Intel akan muncul di perangkat pada 2020.

Tetapi Intel tertinggal dari produsen modem lain seperti Qualcomm dan HiSilicon dalam menawarkan konektivitas 5G.

Faktanya, Qualcomm sudah memiliki modem 5G di produk komersial (Galaxy S10 5G), sementara modem 5G HiSilicon ada di smartphone lipat Huawei Mate X.

Hal ini tampaknya membuat Apple tidak punya banyak pilihan selain bermitra dengan Qualcomm dan menandatangani perjanjian pasokan chipset, meskipun Huawei mengatakan secara terbuka berniat menjual modem 5G ke perusahaan Cupertino itu.

Intel juga mengkonfirmasi dalam siaran pers, pihaknya sedang melakukan “pengkajian terhadap peluang untuk modem 4G dan 5G di PC, perangkat IoT dan data-sentris lainnya.”

Pengkajian ini muncul ketika Qualcomm meningkatkan biaya di bidang PC, membawa laptop Snapdragon ke pasar bersamaan dengan OEM.

Latest