Monday, May 27, 2019
Home News Facebook Ekspos Jutaan Kata Sandi Instagram

Facebook Ekspos Jutaan Kata Sandi Instagram

-

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu beredar kabar karyawan Facebook memiliki akses ke kata sandi penggina hingga 600 juta akun, yang ternyata disimpan dalam dokumen teks biasa. Hari ini, perusahaan mengungkapkan jutaan kata sandi Instagram juga disimpan dalam format yang mudah dibaca.

Penyelidikan internal mengindikasikan jutaan kata sandi tersebut tidak disalahgunakan secara internal atau diakses secara tidak benar, tetapi berita ini menambah daftar panjang masalah privasi di Facebook.

Jejaring sosial terbesar dunia membagikan informasi itu di postingan blog bulanan dan seorang juru bicara perusahaan mengatakan mereka juga baru mengetahui kalau ternyata lebih banyak kata sandi Instagram yang terekspos dari dugaan awal.

Facebook mengira pihaknya harus memberi tahu puluhan ribu pengguna Instagram, tetapi ternyata ada jutaan orang yang terkena dampaknya.

Laporan ini muncul kurang dari 24 jam setelah diketahui Facebook juga secara tidak sengaja mengekspos daftar kontak email hingga 1,5 juta pengguna baru.

Perusahaan sebelumnya mengatakan akan menjangkau jutaan pengguna Facebook yang kata sandinya disimpan dalam teks biasa. Sekarang, mereka harus mengirim pemberitahuan ke pengguna yang daftar emailnya terekspos dan jutaan pengguna Instagram juga.

Berikut pernyataan Facebook:

“Masalah ini sudah dilaporkan, tetapi kami ingin menjelaskan bahwa kami juga baru mengetahui ada lebih banyak kata sandi yang terekspos. Tidak ada bukti penggunaan atau penyalahgunaan kata sandi ini.”

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest