Thursday, April 25, 2019
Home News Security MUI Batasi Game PUBG, Oppo Sediakan Fitur Ranah Anak

MUI Batasi Game PUBG, Oppo Sediakan Fitur Ranah Anak

-

Jakarta, Selular.ID – Wacana pembatasan bermain game PUBG oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) kian santer. Pemerintah dan MUI menyampaikan kekhawatirannya tentang dampak yang ditimbulkan dari game yang bermuatan negatif.

Tidak hanya PUBG, seluruh game yang tengah digandrungi masyarakat Indonesia juga masuk dalam pembahasan MUI.

Ditambah dengan kecanggihan smartphone saat ini, game-game itu makin mudah diakses pengguna, baik kalangan muda, usia lanjut, maupun anak-anak. Dan penyebarannya kian masif.

Bermain game PUBG menggunakan Smartfren
Bermain game PUBG menggunakan Smartfren (Redaksi Selular.ID)

Melihat hal itu, Oppo, sebagai salah satu vendor smartphone global yang beroperasi di Indonesia, mengambil langkah pencegahan awal dengan menghadirkan fitur yang dinamakan Kid Space atau Ranah Anak.

“Sebagai vendor smartphone yang memiliki fitur yang mendukung game mobile, Oppo sangat serius dalam menghadirkan fitur-fitur yang membuat nyaman pemain. Namun juga Oppo mengerti pentingnya pembatasan waktu bermain game mobile, terutama orang tua yang khawatir terhadap waktu anak saat memainkan game mobile,” ujar Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia.

Untuk itu, Oppo memiliki solusi, yakni dengan keberadaan fitur Ranah Anak yang dapat membatasi waktu dan akses anak saat bermain game atau menjalankan aplikasi.

Ya, game mobile saat ini merupakan kebutuhan dasar pengguna smartphone. Popularitasnya meningkat seiring dengan pengakuan pemain game mobile ini pada tingkat kompetisi internasional seperti Asian Game maupun event internasional lainnya. Tak terkecuali dengan game PUBG.

Ranah Anak pada smartphone Oppo merupakan fitur dari sistem antar muka ColorOS. Fitur ini hadir pada perangkat-perangkat perusahaan yang dilengkapi ColorOS 5.2 mulai dari Oppo A3s, A5s , A7, F9, R17, Find X hingga ColorOS 6 yang diadopsi oleh perangkat terbaru, F11 Pro.

Dengan fitur ini, para orang tua dapat membatasi waktu akses anak terhadap aplikasi maupun game mobile.

“Waktunya dapat ditentukan dengan pilihan mulai dari 15 menit hingga 3 jam. Orang tua dapat memilih aplikasi mana yang dapat diakses anak, melarang modifikasi sistem, penginstalan dan penghapusan aplikasi, hingga mematikan koneksi jaringan,” tambah Aryo.

Aplikasi Ranah Anak dapat diakses melalui menu pengaturan > kemanan > Ranah Anak baik pada sitem antarmuka ColorOS 5.2 maupun ColorOS 6.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest