spot_img
BerandaNewsMarket UpdateSegmen Premium Dongkrak Penjualan Smartphone Global

Segmen Premium Dongkrak Penjualan Smartphone Global

-

Jakarta, Selular.ID – Penjualan smartphone global pada tahun 2018 tetap menguat berkat tren smartphone premium yang bertumbuh. Hal ini terungkap dalam laporan yang dirilis Gfk di ajang Mobile World Congress 2019 di Barcelona.

Dalam laporannya Gfk menyebutkan bahwa tren smartphone premium terus mendorong pertumbuhan, meningkatkan nilai penjualan sebesar lima persen, meskipun ada penyusutan kecil dalam ukuran pasar sebesar tiga persen hingga mencapai 1,44 miliar unit.

Menurut GFk, Asia Pasifik menjadi pendorong utama pasar smartphone global yang mengkontribusi sekitar 732 juta unit perangkat tahun lalu.

Namun, sejalan dengan tren penjualan global, pasar ponsel pintar di kawasan asia pasifik juga mencatat sedikit penurunan permintaan sementara pengeluaran konsumen secara keseluruhan meningkat lima persen.

Cina menyumbang 60 persen dari total nilai pasar di kawasan ini dan volume pasar 54 persen — menjadikannya negara yang memberikan kontribusi terbesar bagi pasar ponsel pintar global.

“Pasar Tiongkok mengkonsumsi sebagian besar produksi smartphone global, serta menjadi rumah bagi merek lokal yang semakin mendunia,” kata Alexander Dehmel, Regional Senior Market Insights Manager at GfK.

Lebih lanjut disampaikan Dehmel, sekitar 40 persen dari produksi ponsel pintar merek China pada 2018 dibeli di luar China, yaitu naik dari 31 persen pada 2016.

Merek Cina telah secara signifikan meningkatkan kehadiran mereka di seluruh dunia, dan khususnya di pasar Asia yang sedang berkembang, popularitas mereka sebagian besar didorong oleh keterjangkauan harga dan siklus penyegaran model yang lebih cepat dengan spesifikasi yang lebih baik.

Baca juga :  IDC Top 5 Indonesia: Pasar PC Tumbuh 50% Selama H1-2021

Sementara itu India terus melawan tren penurunan permintaan global, melaporkan pertumbuhan volume penjualan dan nilai pada tahun 2018, masing-masing sebesar 19 dan 21 persen. Lebih dari 161 juta smartphone bernilai lebih dari USD28,5 miliar terjual tahun lalu.

Baca juga :  Krisis Chips Bikin Semaput Bisnis Qualcomm

“Di pasar negara berkembang Asia seperti India, negara di mana penjualan ponsel fitur masih melebihi setengah dari total pasar handset, pertumbuhan pasar smartphone yang cepat didorong oleh tingkat adopsi yang tinggi dari pengguna ponsel pintar pertama kali, di samping siklus penggantian yang cepat dan peningkatan pengguna ponsel pintar yang ada,” kata Dehmel.

spot_img

Artikel Terbaru