Jakarta, Selular.ID – Awal tahun ini e-commerce JD mulai uji coba drone sebagai solusi baru dalam pengiriman barang di Indonesia. Di Amerika Serikat, Amazon mulai menggunakan robot otonom bernama Amazon Scout.

Raksasa e-commerce itu merangkai sendiri solusi pengiriman otomatis tersebut. Mulai dari mengikuti proses serangkaian startup, serta bereksperimen bersama perusahaan-perusahaan besar seperti Domino’s Pizza dan PepsiCo.

BACA JUGA:
Bukan Apple, Ini Perusahaan Teknologi Paling Bernilai di Dunia 2018

Desain Scout mirip dengan robot pengiriman lain yang ada. Amazon Scout memiliki enam roda, yang ditenagai oleh baterai listrik, dan bergerak dengan kecepatan reguler orang berjalan.

Hanya enam perangkat yang saat ini sedang diujicobakan di satu lingkungan di Snohomish County, Washington, di mana mereka akan mengirimkan paket “di siang hari” antara Senin dan Jumat.

BACA JUGA:
Bukan Apple, Ini Perusahaan Teknologi Paling Bernilai di Dunia 2018

Menurut Amazon, robot akan ditemani oleh pengawas manusia pada awalnya. Ini untuk memastikan perangkat dapat “menavigasi dengan aman dan efisien di sekitar hewan peliharaan, pejalan kaki, dan apa pun di jalur mereka.”

Uji coba serupa sedang berlangsung di kota-kota di seluruh dunia dan di lokasi yang lebih tertutup seperti kampus dan kompleks kantor.

BACA JUGA:
Bukan Apple, Ini Perusahaan Teknologi Paling Bernilai di Dunia 2018

Sensor murah dan kemajuan dalam pembelajaran mesin membuat navigasi pada robot jenis ini relatif mudah ditangani. Dan ketika perangkat melakukan kesalahan, risikonya relatif kecil (tidak seperti mobil otonom).

Sepertinya Amazon Scout akan menjadi sangat umum segera, setidaknya di Amerika Serikat.