Editor's Choice

Selular Editor’s Choice 2018: Smartphone Terbaik di Harga Rp4-5 Juta

Jakarta, Selular.ID – Dibandingkan kategori entry-level dan mid-range, smartphone di segmen harga Rp4 – 5 juta terbilang lebih lengang. 

Brand kenamaan dunia tetap menjejali pasar smartphone Indonesia dengan jagoan terbaru mereka. Mulai dari Oppo, Vivo, Samsung dan Huawei turut meramaikan pasar. Pocophone juga menjadi salah satu penantang di segmen ini.

Dalam catatan Selular.ID, lima smartphone ini bersaing cukup ketat:

  • Oppo F9
  • Vivo V11 Pro
  • Huawei Nova 3i
  • Pocophone F1
  • Samsung Galaxy A7 (2018)

Oppo F9

Oppo F9 membawa sejumlah fitur menarik. Perangkat ini disematkanteknologi VOOC Flash Charge yang mampu mengisi daya dalam waktu singkat.

Dalam waktu 5 menit, daya yang dihasilkan sekitar 10% dari kondisi 0%. Dengan kondisidaya 10% tersebut, mampu melakukan panggilan telepon selama 2 jam.

Perangkat ini tersedia dalam 3 varian warna yakni Starry Purple,Sunrise Red dan Twilight Blue. Ketiga varian warna tersebut membuat Oppo F9tampil elegan.

Oppo F9 dibekali kamera utama ganda beresolusi 16MP dan 2MP. Keduanya didukung efek depth-of-field yang menawan.

Kamera selfienya beresolusi 25MP. Keduanya sama-sama menggunakan teknologi AI.

Spesifikasi Oppo F9:

[table id=103 /]

Vivo V11 Pro

Vivo menggambungkan komponen teknologi dan fashion dalam smartphone flagship series V11 Pro.

Perangkat ini menggabungkan beberapa warna dalam satu tampilan baru yang unik, kontemporer, dan tentu saja fashionable; konsep warna gradasi pun bisa hadir dalam berbagai inspirasi dari berbagai objek natural,misalnya langit.

Vivo V11 Pro hadir dengan layar yang lebih luas berkonsepUltra All Screen untuk pengalaman sinematik yang dimaksimalkan. Vivo V11 Pro memiliki 1.76mm bezel di kedua sisi dan 3.8mm bezel di bagian bawah, mencapai 91.27% screen-to-body ratio.

Untuk membuat layar semakin luas, Vivo V11 Pro juga meminimalkan panel untuk 25MP AI Camera dan earpiece. Dengan tampilan yang ramping, compact, dan ergonomis, Vivo V11 Pro pun semakin stylish bagi pengguna.

Vivo V11 Pro diperkuat chipset Qualcomm Snapdragon 660dikombinasikan prosesor Octa Core. RAM 6GB dan ROM 64GB dibenamkan di gawaiini. Terdapat pula slot MicroSD yang dapat diperluas hingga 256GB.

Spesifikasi Vivo V11 Pro:

[table id=72 /]

Huawei Nova 3i

Huawei Nova 3i hadir dengan mengungulkan disain premiumserta punya kemampuan yang cukup mumpuni berkat adanya GPU turbo.

Hadir dengan 4 Kamera yang mengusung teknologi AI, terbuktimampu mempermudah penggunanya dalam melakukan pengambilan gambar, bahkan setelah mendapatkan update terbaru kemampuan penangkapan gambar pada malam harimenjadi lebih maksimal berkat adanya Super Night Mode.

Nova 3i diperkuat chipset besutan Huawei sendiri yakni Kirin 710. CPU-nya menggunakan Octa-core dengan 4 core Cortex A73 yang melaju hingga 2,2 GHz serta 4 core Cortex A53 berkecepatan 1,7 GHz. Didukung pula GPU Mali-G51 MP4 untuk mengolah grafis.

Dukungan teknologi GPU Turbo berbasis AI mampu memberikanperforma maksimal terutama saat bermain game. Selain performa optimal,teknologi GPU Turbo mampu membuat daya tahan baterai Nova 3i lebih hemat. Penyimpanannya, Huawei Nova 3i ditanamkan RAM 4GB, ROM 128GB serta memorieksternal hingga 256GB.

Spesifikasi Huawei Nova 3i:

[table id=88 /]

Pocophone F1 (6/128)

Pocophone adalah merek smartphone baru yangmerupakan sub-brand Xiaomi. Diposisikan lebih tinggi dibandingkan ponsel Xiaomiyang rilis di tanah air, Pocophone F1 ditopang prosesor tertinggi Qualcomm saatdebut, Snapdragon 845.

Selain itu Pocophone F1 disokong bateraiberkapasitas 4.000 mAh, kamera AI, pemindai sidik jari (fingerprint scanner), pengenal wajah (face unlock), hingga pengisian daya cepat (quick charger 3.0), sistem operasi Android Oreo 8.1, serta RAM dan memori 6GB/128GB.

Spesifikasi Pocophone F1:

[table id=94 /]

Samsung Galaxy A7 (2018) 4GB/64GB

Galaxy A7 (2018) merupakan smartphone dengan triple camera pertama bagi Samsung.

Di sektor hardware, Galaxy A7 (2018) dipersenjatai dengan chipset Exynos 7885, CPU octa-core, sama dengan yang tertanam di Galaxy A8.

Baterainya memiliki kapasitas 3.300 mAh. Namun Galaxy A7 belum memiliki fitur fast charging atau pengisi daya cepat.

Spesifikasi Galaxy A7 (2018):

[table id=105 /]

Selular Editor’s Choice 2018: Best Smartphone Rp4-5 Juta

Oppo F9

Oppo F9 mampu mematahkan persepsi bahwa masyarakat lebih banyak menyukai smartphone di rentang harga Rp2-3 juta. Di berbagai pusat penjualan smartphone, Oppo F9 cukup laris.

About the author

Redaksi