Jakarta, Selular.ID – YouTube akhirnya tiba di Nintendo Switch. Video sharing itu menjadi aplikasi video kedua yang dirilis di konsol sejak Switch edar Maret 2017.

Sebelumnya sudah ada Hulu November tahun lalu. YouTube bisa diunduh secara gratis dari Nintendo eShop.

Dengan Youtube, pengguna akan bisa mengakses ke aneka pilihan video tanpa batas di platform. Dan perusahaan juga mengisyaratkan aplikasi Youtube versi Switch sepenuhnya mendukung video 360.

BACA JUGA:
YouTube Kids Hadirkan Konten Edukasi Khusus Anak

Pengguna bisa mengontrol YouTube melalui joystick kiri dan tombol utama. Dan sebagian layar sentuh berfungsi dalam mode genggam, yang memudahkan pencarian video.

‘Sebagian’ karena Anda tidak bisa menggesek ke atas dan ke bawah untuk bernavigasi di sekitar aplikasi. Malahan, Hulu masih tidak memiliki dukungan layar sentuh sama sekali.

Anehnya, joystick JoyCon sebelah kanan tidak bisa digunakan untuk menavigasi di sekitar aplikasi. Joystick hanya berfungsi untuk menyorot (panning) video 360 derajat. YouTube mengatakan akan terus mengevaluasi cara terbaik menggunakan perangkat keras Nintendo.

BACA JUGA:
2019, YouTuber Masih Jadi Profesi Menggiurkan

Pemilik Switch bisa masuk ke YouTube dengan akun Google mereka untuk mengakses langganan, rekomendasi, dan perpustakaan video pribadi mereka. Anda juga memiliki opsi untuk melakukan streaming pustaka Movies Anywhere.

Akan tetapi bukan berarti tampilan Switch tergolong ideal untuk menonton film dalam mode portabel. Tetapi itu bonus yang bagus ketika konsol dipasang ke dok.

BACA JUGA:
YouTube Stories Mulai Bergulir

Dengan Hulu dan YouTube menjajaki Nintendo Switch, pertanyaannya sekarang di mana Netflix? Semoga kedatangan pemain besar kedua akan meningkatkan kemungkinan perusahaan lain membawa layanan populer mereka ke Switch.