Friday, May 24, 2019
Home Buyer's Guide Kece Mana Hasil Foto Dua Smartphone Ini?

Kece Mana Hasil Foto Dua Smartphone Ini?

-

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan akan perangkat fotografi di sebuah smartphone sepertinya sudah menjadi kewajiban. Terutama salah satunya dikarenakan tingginya kebutuhan untuk eksistensi di sosial media.

Tak heran jika hampir semua vendor smartphone melengkapi perangkat yang dihadirkannya dengan adanya fitur perekaman gambar ini. Tak terkecuali untuk perangkat yang dijajakan buat para penggunanya di segmen entry level.

Di segmen entry level ini saya akan memberikan komparasi terehadap fitur fotografi dan beberapa foto yang mampu dihasilkan oleh dua smartphone yang berbeda. Kali ini saya memilih smartphone Honor 9i dan Xiaomi Redmi 5.

Untuk fitur fotografi, kamera utama pada perangkat besutan Honor, yakni 9i menawarkan dual kamera dengan kapasitas resolusinya 13MP + 2MP.

Sementara kamera utama Xiaomi Redmi 5 hanya mengusung single kamera berkapasitas resolusi 12MP saja.

Fitur yang ditawarkan pada perangkat fotografi di Honor 9i pun lebih banyak ragamnya dibanding Xiaomi Redmi 5. Selain itu Honor 9i juga menyediakan pilihan perekaman video sementara di Redmi 5 tidak nampak.

Pada pilihan mode Pro, Honor 9i menawarkan beberapa pengaturan seperti ISO, Shutter speed,EV, AF serta white ballance shingga pengguna bisa mengatur settingan kamera dalam pengambilan gambar sesuai yang diinginkan.

Sementara itu mode Manual di Redmi 5 hanya menawarkan settingan white ballance dan ISO saja. Pengaturan lainnya, Xiaomi menawarkan beberapa scene.

Untuk kebutuhan selfie, Honor 9i menawarkan kapasitas kamera yang lebih besar dari Xiaomi Redmi 5. Honor 9i memiliki kamera depan beresolusi 16MP, sedangkan Redmi 5 hanya memiliki kamera dengan resolusi 5MP saja.

Hasil Jepretan

Untuk mencoba kualitas kamera di kedua smartphone, saya melakukan beberapa pemotretan di beberapa tempat.

Hasil kamera depan Honor 9i

Hasil kamera depan Redmi 5

Foto patung Hulk di atas saya ambil sekitar pukul 16.00. Dari foto tersebut terlihat gambar yang dihasilkan kamera Honor 9i lebih nampak jelas dilihat. Warna bendera Indonesia pun terlihat lebih cerah.

Hasil kamera depan Honor 9i

Hasil kamera depan Redmi 5

Berikutnya saya coba mengabadikan sebuah kolam ikan Koi yang berada di salah satu restoran di sudut Jakarta. Warna-warna ikan Koi yang ditampilkan kamera Honor 9i terlihat lebih indah.

Untuk kebutuhan  sosial media seperti Instagram, gambar-gambar yang dihasilkan kamera Honor 9i menawarkan gambar kekinian yang bisa langsung dipost dan tidak membutuhkan proses edit yang rumit.

Berikut ini hasil jepretan Honor 9i:

Sedangkan di bawah ini hasil jepretan kamera Redmi 5:

Gambar ulat bulu yang dihasilkan oleh kamera Honor 9i mampu menampilkan detail yang lebih jelas. Kamera Honor 9i juga lebih mampu menampilkan warna langit yang lebih cerah dibandingkan kamera Redmi 5.

Selfie

Hal yang sangat menarik saya mengeksplorasi fitur selfi pada kedua smartphone. Kamera Redmi 5 tidak dapat difungsikan ketika saya akan mencoba mengambil swa foto pada malam hari.

Sepertinya bug menghinggapi smartphone ini. Ketika saya cari tau, ternyata banyak juga pengguna yang mengalaminya.

Sementara kamera Honor 9i tidak terkendala sedikitpun saat saya melakukan selfie di malam hari.

Saat saya mencoba kembali melakukan selfie di pagi hari, kamera depan Redmi 5 berfungsi kembali. Berikut ini hasil selfie Honor 9i dan Redmi 5

Dari foto tersebut, detail wajah saya yang ada lubang-lubang bekas jerawat terlihat lebih jelas pada kamera Honor 9i. Bahkan pada saat diambil pada malam hari pun detailnya masih terlihat seperti di foto sebelumnya.

Kesimpulan

Untuk urusan detail foto, kamera Honor 9i mampu memberikan hasil yang baik. Hal ini dikarenakan resolusi yang lebih besar yang ditawarkan oleh Honor 9i. Warna-warna yang ditampilkan oleh kamera Honor 9i memiliki tingkat saturasi yang matang. Saturasi warna seperti ini biasanya sangat berguna untuk memberikan hasil yang lebih artistik untuk kebutuhan sosial media.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest