Sunday, September 15, 2019
Home News Social Media YouTube Stories Mulai Bergulir

YouTube Stories Mulai Bergulir

-

Jakarta, Selular.ID – Mengekor Snapchat dan Instagram, YouTube akhirnya juga menghadirkan Stories. Berbeda dengan platform lain dimana postingan akan yang menghilang dalam 24 jam, Youtube Stories bertahan hingga tujuh hari tayang.

Bukan kali pertama, sebenarnya tahun lalu YouTube telah meluncurkan fitur serupa bernama “Reel.” Tetapi kurang santer terdengar karena perusahaan hanya menyediakannya ke segelintir channel Youtube populer saja.

Sekarang, perusahaan memperluas fitur tersebut dan hanya menyebutnya “Stories”. Lebih massal, Youtube Stories kini bisa dimanfaatkan oleh sekumpulan pembuat konten.

Menurut laporan terbaru The Verge, YouTube akan mengizinkan saluran dengan jumlah pelanggan 10.000 atau lebih, untuk memposting video sementara.

Seperti yang sudah kami sebutkan,YouTube Stories bisa dilihat hingga tujuh hari setelah diposkan, bukan 24 jam. Video akan bisa ditonton oleh pelanggan channel maupun non-pelanggan.

Stories juga akan memiliki bilah sisi “Berikutnya”, menurut YouTube, sama seperti saat kita menonton video Youtube reguler.

Sejak peluncuran YouTube Reel tahun lalu, fitur mendapat beragam sambutan. Beberapa channel telah menggunakannya untuk berbagi informasi (teaser) mengenai video mendatang, yang tampaknya menjadi tujuan utama YouTube Stories.

“Youtube Stories itu aneh. Mereka tetap terjaga selama 7 hari, mereka mengizinkan komentar, tetapi Anda hanya bisa membalas dengan video/gambar lain, dan mereka saat ini tidak memiliki fitur swipe up/video linking yang bagi saya sepertinya merupakan peluang yang terlewatkan. Berpotensi, tetapi saya skeptis.”

Setelah fitur ini diluncurkan ke lebih banyak content creator, mungkin kelak kita akan melihat potensi yang belum dimanfaatkan YouTube Stories sekarang.

Latest