Thursday, November 21, 2019
Home News Pangkas Produksi iPhone 2018, Mitra Apple Merugi

Pangkas Produksi iPhone 2018, Mitra Apple Merugi

-

Jakarta, Selular.ID – Kabar mengenai sepinya penjualan iPhone 2018, seperti iPhone XS, XS Max, dan XR, bukanlah hal baru, beberapa waktu lalu dikabarkan Apple  memangkas rencana produksinya hingga sepertiga dari hampir 70 juta unit yang telah diminta beberapa pemasok untuk diproduksi antara bulan September dan Februari 2019.

Kabar ini diketahui dari permintaan yang lebih rendah. Beberapa minggu yang lalu Apple juga mengejutkan investor yakni dengan perkiraan penjualan untuk kuartal Natal di bawah ekspektasi, Wall Street, mendorong pemasok tertentu untuk mengeluarkan peringatan yang menunjukkan kelemahan dalam penjualan iPhone baru.

Dengan memangkas produksi, hal ini tidak hanya berdampak pada perusahaan namun memberikan pengaruh yang cukup besar bagi lainnya, misalnya mitra bisnisnya, termasuk pabrikan dan penyuplai.

Dilaporkan Mac Rumors, laporan, pemangkasan produksi ini mempengaruhi para penyuplai komponen Apple di Taiwan. Bahkan, satu perusahaan dilaporkan terpaksa merumahkan 110 karyawan untuk mengatasi persoalan pemangkasan produksi tersebut.

Selain itu disebutkan, penyuplai lensa kamera iPhone, Largan Precision, pun terkena dampak. Perusahaan diperkirakan mengalami penurunan pendapatan yang besar pada bulan ini. Belum lagi pesanan terhadap chip A12 Bionic yang digunakan iPhone XS, XS Max, dan XR, juga mengalami penurunan.

Namun, TSMC sebagai manufaktur chip tidak terlalu terpengaruh karena perusahaan juga terlibat dalam produksi chip baru Kirin 980.

Seperti diketahui, Apple secara resmi telah mengumumkan tiga varian iPhone terbaru, yakni iPhone XS, XS Max, dan XR di Teater Steve Jobs, Cupertino, California, Sepetember lalu. Setelah dua minggu diluncurkan, penjualan iPhone XR, iPhone XS dan iPhone XS Max belum dapat melampaui angka penjualan iPhone generasi sebelumnya. Duo iPhone baru itu masih sedikit peminat ketimbang iPhone 6.

Hal ini berdasarkan perhitungan penjualan iPhone 6 dalam periode waktu yang sama. Dilaporkan GSM Arena, analisa ini terungkap dari seorang sumber yang merahasiakan identitasnya. Bahkan menurut sumber tersebut, permintaan pasar untuk trio iPhone akan semakin melambat pada akhir tahun 2018.

Latest