Tim Indosat bersama Kominfo dan Ericsson
Tim Indosat bersama Kominfo dan Ericsson (Donnie Selular.ID)

Jakarta, Selular.ID – Sejumlah provider di Indonesia tengah melakukan ujicoba jaringan 5G. Indosat salah satunya. Indosat melakukan ujicoba jaringan 5G pertama dengan teknologi 3D AR (Augmented Reality) pertama di Indonesia.

“Kami merasa senang terpilih mencoba jaringan 5G menggunakan teknologi 3D AR. Jaringan 5G kami nantinya menyasar segmen B2B. 5G membutuhkan latency rendah sehingga cocok untuk B2B,” ujar Arief Mustain, Director & Chief Innovation Officer Indosat Ooredoo disela acara ujicoba 5G Indosat di kantor Indosat Ooredoo, Gambir, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

BACA JUGA:
Qualcomm: Tahun ini, 30 Smartphone Siap Mendukung 5G

Dikatakan Arif, 5G mampu meningkatkan efisiensi dalam segala aktifitas manusia.

Hal senada juga disampaikan oleh Ismail selaku Dirjen SDPPI Kominfo.

“Ketika 5G sudah diimplementasikan akan ada mobil otonom dan sebagainya. 5G juga akan memajukan digital eknomi di Indonesia,” tutur Ismail.

Dijelaskan Ismail, persiapan untuk implementasi 5G, tak melulu soal bandwidth saja.

BACA JUGA:
Iklan Kontroversial : Dari Indosat Bekasi, Grab Zombie Hingga Shopee Blackpink

“Infrastruktur menjadi hal utama yang harus disiapkan para operator. Operator harus menyiapakan platform untuk implementasi 5G. Untuk itu, Kami mendorong Indosat dan operator lain untuk menyiapkan paltform tersebut,” tegas Ismail.

Teknologi 5G 3D AR
Teknologi 5G 3D AR (Donnie/Selular.ID)

3D AR ini memberikan pengalaman interaktif dan kolaboratif dalam berkomunikasi ke level yang lebih tinggi. Aplikasi 3D AR ini dapat digunakan di bidang edukasi dan customer support. Tujuannya untuk menghasilkan komunikasi visual yang lebih berkualitas dan efisien.

BACA JUGA:
Huawei Sudah Kantongi Nama Untuk Ponsel Layar Lipatnya

Rangkaian ujicoba 5G ini akan berlangsung dari tanggal 22 hingga 23 November 2018 di kantor pusat Indosat Ooredoo, Gambir, Jakarta.