Jakarta, Selular.ID – Sebulan usai diumumkan resmi, perangkat video chat Facebook bernama Portal dan Portal Plus, mulai dijual hari ini.

Facebook Portal fokus pada video chatting. Pengguna juga bisa menampilkan foto, memutar musik, dan mendukung sejumlah jaringan video. Namun fitur mereka sangat terbatas saat peluncuran, bahkan pengguna tidak bisa menjelajahi Facebook pada Portal.

BACA JUGA:
Bobol Lagi, Data Login Facebook Dijual Hacker

Facebook Portal dimaksudkan untuk mengobrol dengan orang-orang melalui Facebook Messenger, dan Facebook telah membuat beberapa trik kamera pintar untuk membuatnya lebih mudah.

Baik Portal dan Portal Plus, keduanya memiliki satu kamera tetap di bagian atas, tetapi kamera akan men-zoom dan mengikuti Anda, sehingga Anda tidak perlu memegang perangkat ke wajah saat mengobrol.

BACA JUGA:
Data Facebook Anda Diretas? Segera Lakukan Ini

Dengan begitu, Anda bisa leluasa bergerak di seluruh ruangan dan tetap terhubung dalam parbincangan.

Namun masalahnya, dengan skandal privasi Facebook baru-baru ini, apakah pengguna bersedia membawa mikrofon dan kamera yang terhubung ke Facebook masuk ke dalam rumah mereka?

BACA JUGA:
Pentingnya Peraturan Perusahaan OTT di Semua Negara

Kendati Facebook menekankan fitur privasi yang dibangun di Portal (ada tombol off untuk menonaktifkan kamera), tetapi itu mungkin tidak cukup bagi pengguna yang sudah skeptis terhadap perusahaan.

Baik Portal dan Portal Plus sudah mulai dikirim hari ini. Mereka akan tersedia dari situs web Facebook, serta melalui Best Buy dan Amazon, yang juga akan memiliki perangkat di toko-toko.

BACA JUGA:
Diduga Legalkan Perdagangkan Manusia, Facebook Dituntut Pengguna

Portal yang lebih kecil dijual seharga USD199 (setara Rp2,9 juta), dan Portal Plus yang lebih besar seharga USD349 (setara Rp5 juta).