Jakarta, Selular.ID – Setelah dipusingkan dengan kehadiran layar berponi, sekarang tim Android Google harus mengerjakan solusi baru untuk kategori lain pada smartphone yang akan datang: “layar lipat.”

Wakil Direktur Google Dave Burke pun mengonfirmasi. Katanya, perusahaannya akan “meningkatkan Android untuk memanfaatkan faktor bentuk baru (lipat) dengan kerja seminimal mungkin.”

“Kami baru saja mengumumkan dukungan untuk foldable di #AndroidDevSummit, bentuk baru yang akan datang tahun depan dari mitra Android (vendor). Aplikasi Android akan bisa berjalan mulus saat perangkat dilipat, mencapai fitur utama form factor ini: kontinuitas layar.” – tulis Developer Android di Twitter.

BACA JUGA:
Ikuti yang Lain, Google Bikin Stories

Apakah itu berarti tidak akan ada perubahan drastis dalam UI (antarmuka) Android di ponsel lipat? Tampaknya begitu, setidaknya untuk saat ini.

Sepertinya Google hanya menyediakan panduan kepada pengembang bagaimana merancang aplikasi untuk handset bongsor, daripada kit penuh untuk menciptakan navigasi yang benar-benar baru.

BACA JUGA:
Ini Alasan Google Tidak Gratiskan Gmail, Chrome, dan Play Store

Samsung dan Google dikatakan telah bekerja sama dalam membuat OS Android bisa bekerja pada ponsel lipatnya. Selain vendor Korea Selatan, produsen smartphone Royole juga sudah memamerkan perangkat layar lipat pertama mereka.

BACA JUGA:
Stiker Minis Gboard, Kini Hadir di iOS dan Android

Tahun depan sejumlah vendor besar sudah mengonfirmasi akan merilis smartphone lipat mulai dari Xiaomi, Huawei dan lainnya.