Jakarta, Selular.ID –┬áRetweet dan Like kerap dijadikan barometer dalam survei individu pengguna Twitter. Tetapi jejaring sosial itu mungkin segera menyingkirkan tombol “Like” atau “Suka”.

Pada tahun 2015 Twitter mengganti ikon “Favorit” berbentuk bintang ke ikon “Suka” berbentuk hati, yang masih bisa Anda temukan hingga sekarang.

Di masa depan, Twitter bermaksud untuk menghapus ikon “Hati” sebagai upaya untuk “meningkatkan kualitas perdebatan” di platform media sosial.

BACA JUGA:
Waspada, Hacker Bisa Bobol Akun Twitter dari Nomor Telepon

Dilansir dari Telegraph, CEO Twitter Jack Dorsey mengakui pada suatu acara pekan lalu bahwa dia “bukan penggemar tombol berbentuk hati” dan perusahaan akan menghapusnya “segera.”

Pernyataan Dorsey membuat banyak pengguna Twitter terkejut, karena “Suka” adalah salah satu fungsi inti dari platform jejaring sosial.

Perusahaan mengklaim tombol berbentuk hati mungkin menjadi sumber “kecanduan media sosial” di antara pengguna. Fungsi “Suka” memunculkan fenomena di mana orang akan posting sesuatu di media sosial, dan kemudian menghapusnya segera jika postingannya tidak menerima banyak “Suka.”

BACA JUGA:
Youtube Tidak Lagi Bisa Share Otomatis ke Google+ dan Twitter

Dalam upaya untuk mengubah ini, awal tahun ini Twitter memperkenalkan “bookmark”, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk secara pribadi menyimpan tweet dan itu kemungkinan akan menggantikan sistem “Like” saat ini.

Seorang juru bicara Twitter mengatakan dalam sebuah wawancara Telegraph bahwa perusahaan tersebut “bereksperimen dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan perubahan, semua dengan tujuan untuk memastikan kami memberi insentif pada perilaku yang tepat untuk mendorong percakapan yang sehat.”

BACA JUGA:
Ada Bug, Tweet Pribadi Pengguna Twitter Terpapar

Langkah ini hampir tidak mengejutkan, karena CEO Twitter telah cukup vokal dalam beberapa minggu terakhir tentang sikapnya terhadap tombol “Suka”.

Saat ini belum ada konfirmasi tentang kapan perubahan akan berlaku, tetapi kemungkinan akan terjadi lebih cepat dari dugaan.