Jakarta, Selular.ID – Indonesia kembali kedatangan sang pendatang baru dari Tiongkok, yakni Realme. Di Indonesia, Realme ingin head to head langsung dengan vendor asal China juga yakni Xiaomi. Kehadiran Realme menambah ketatnya persaingan brand smartphone Tiongkok di Indonesia, khususnya di segmen entri-level.

Tak tanggung-tanggung, Realme masuk ke Indonesia dengan membawa tiga produk sekaligus yakni Realme 2, Realme 2 Pro dan Realme C1. Dari ketiga produk Realme tersebut memiliki segmen yang berbeda. Mulai dari entri level, menengah hingga high-end.

Ketiganya menjadi fokus Realme. Untuk C1, Realme menganggap Xiaomi Redmi 6A sebagai penantangnya. Desain menjadi keunggulan Realme C1 dibandingkan Redmi 6A. Desain body belakang Realme C1 lebih kekinian dengan warna yang berkilau.

Realme C1 juga mengusung desain layar dengan notch ala smartphone flagship. Redaksi Selular.ID mencoba melakukan perbandingan terhadap Xiaomi Redmi 6A dan Realme C1.

Berikut fitur Realme C1 yang mampu mengalahkan Xiaomi Redmi 6A.

Dapur Pacu

Xiaomi diperkuat prosesor bikinan MediaTek, sedangkan Realme menggunakan Qualcomm Snapdragon. Urusan performa, Xiaomi Redmi 6A ditopang chipset quad-core MediaTek Helio A22. Dapur pacu ini menjadi salah satu hal yang paling ditonjolkan Xiaomi.

BACA JUGA:
Selular Editor’s Choice 2018: Best Durable Smartphone

Redmi 6A dikatakan mengusung teknologi fabrikasi 12 nm untuk chipset yang dibawanya. Xiaomi Redmi 6A disebut sanggup berjalan dengan kecepatan olah data hingga 2.0 GHz.

Sementara untuk produk penantang Xiaomi Redmi 6A, ada Realme C1. Realme C1 menggendong prosesor octa-core 1.8 GHz Snapdragon 450. Snapdragon 450 sendiri masih membawa fabrikasi 14 nm, tidak seperti MediaTek A22 sudah 12 nm yang diklaim lebih cepat mengolah data dan lebih irit daya.

Namun begitu, jumlah inti (core) pada chip Realme C1 dengan Snapdragon 450 membuatnya lebih unggul ketimbang prosesor dari Xiaomi Redmi 6A dengan MediaTek Helio A22. Prosesor dari Realme C1 juga tak kalah hebat dari Xiaomi Redmi 6A dengan kemampuan mengolah data hingga 1.8 GHz.

Baik Xiaomi Redmi 6A dengan Realme C1 sama-sama hadir dengan kombinasi RAM dan ROM atau internal storage yang sama. Penyimpanannya, dua ponsel ini sama-sama didukung RAM 2 GB, ROM 16 GB serta MicroSD hingga 256 GB.

Layar dan Kamera

Layar dan kamera juga menjadi salah satu tolak ukur konsumen dalam membeli smartphone. Xiaomi Redmi 6A dibubuhi layar IPS LCD berbentang 5,45 inci dengan resolusi HD Plus (1.440 x 720 piksel) dan aspek rasio 18:9. Kamera utama 13 MP (f/2.2) dan kamera selfie 5 MP (f/2.2) disematkan di Redmi Redmi 6A.

BACA JUGA:
Selular Editor’s Choice 2018: Best Smartphone Rp 1-2 Juta

Sementara Realme C1 dibekali layar IPS LCD 6,2 inci beresolusi HD Plus (1.520 x 750 piksel). Layar Realme C1 memiliki screen-to-body fitment 81,2 persen dan aspek rasio 19:9.

Diatas layar disisipi notch. Notch inilah yang menjadi kelebihan Realme C1 dibandingkan Xiaomi Redmi 6A.

Melindungi layar, Realme C1 dilapisi Corning Gorilla Glass 3.

Dibandingkan Xiaomi Redmi 6A yang hanya memiliki 1 kamera, Realme C1 disematkan dua buah kamera utama. Realme C1 membawa kemampuan kamera 13 MP (f/2.2) dan 2 MP (f/2.4) depth sensor yang disertai LED Flash Light dan kamera selfie beresolusi 5 MP (f/2.2).

Pada aspek layar dan kamera, antara Xiaomi Redmi 6A dan Realme C1 memang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun jika rujukannya adalah tren, maka Realme C1 lebih unggul ketimbang Xiaomi Redmi 6A.

Pasalnya layar dengan notch terkesan lebih trendi dan lebih lega, juga tengah menjadi incaran konsumen. Selain itu, kamera Xiaomi Redmi 6A yang hanya berbekal satu buah kamera utama di bagian belakang harus mengakui bahwa jumlah kamera di Realme C1 lebih unggul darinya.

BACA JUGA:
Selular Editor’s Choice 2018: Best Smartphone Rp 1-2 Juta

Baterai, Security dan Harga

Baterai, fitur keamanan dan harga juga menjadi acuan kebanyakan orang dalam membeli smartphone. Sumber energinya, Xiaomi Redmi 6A disokong baterai berkapasitas 3.000 mAh.

Xiaomi Redmi 6A membawa fitur keamanan yang cukup penting, yakni fitur face unlock untuk membuka smartphone dengan sensor pembaca wajah. Bicara harga, Xiaomi Redmi 6A dilepas dengan harga Rp 1,4 jutaan.

Urusan daya baterai , Realme C1 lebih unggul ketimbang Xiaomi Redmi 6A yakni baterai super besar dengan ukuran 4.230 mAh. Sama dengan Xiaomi Redmi 6A, Realme C1 juga membawa fitur keamanan face unlock dan tanpa dukungan pemindai sidik jari. Dengan harga yang sama yakni Rp 1,4 jutaan, Realme C1 lebih unggul dari Xiaomi Redmi 6A dari segi desain, layar, kamera dan baterai.

Kalau Anda pilih mana, Xiaomi Redmi 6A atau Realme C1 ?