Jakarta, Selular.ID – Mode split screen atau layar ganda hanya bisa digunakan di smartphone tertentu. Fitur split screen ini memungkinkan penggunanya untuk membuka dua aplikasi sekaligus. Kini fitur split screen dapat dijalankan untuk semua perangkat melalui aplikasi.

Namun sayang, sejauh ini fitur split screen cuma bisa dijalankan pada aplikasi yang memang memiliki dukungan untuk menjalankannya saja. Hal ini memang dirancang sedemikian rupa agar memudahkan Anda dalam menjalankan dua aplikasi sekaligus.

BACA JUGA:
Trik Jitu Abadikan Momen Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 dengan Kamera Oppo A7

Tapi Anda sekarang bisa mengaktifkan mode split screen meskipun ponsel Anda belum mendukung mode tersebut. Mode split screen ini bisa bekerja di semua aplikasi.

Berikut tips menjalankan mode split screen pada smartphone.

  • Untuk mengaktifkan mode split screen, Anda harus aktifkan Developer Options. Caranya, buka Settings > About Device.
  • Kemudian tap nomor build Android.
  • Setelah muncul notifikasi yang mengatakan jika Anda sudah mengaktifkan mode developer, langsung buka Developer Options yang baru muncul.
  • Lalu scroll ke bawah dan temukan opsi ‘Force activities to be resizable,’ lalu aktifkan.
  • Selanjutnya restart ponsel Anda.
  • Restart smartphone Anda secepat mungkin jika Anda ingin menikmati mode split screen di aplikasi apapun.
  • Setelah proses reboot selesai, maka Anda bakal bisa membuka 2 aplikasi sekaligus tanpa batasan, dan melihatnya beroperasi bersamaan dalam split-view.
BACA JUGA:
3 Panduan Belanja Online Jelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019

Perlu diingat, tidak semua aplikasi memiliki dukungan untuk menjalankan fitur multi-window, jadi ada kalanya Anda mungkin mendapati salah satu aplikasi berhenti beroperasi sementara lainnya tetap berjalan. Untuk penggunaan optimal, sebaiknya Anda menunggu sampai tiap pengembang aplikasi menambahkan dukungan mode split screen ke aplikasi buatan mereka.

Minimal spesifikasi smartphone yang mendukung mode ini minimal Android 7.0 Nougat. Selamat mencoba.