Jakarta, Selular.ID – Dua smartphone unggulan Asus untuk kategori selfie sekarang turun harga. Baik Zenfone 4 Selfie maupun Selfie Pro bisa didapatkan masyarakat dengan harga lebih bersahabat.

Smartphone yang diluncurkan persis satu tahun lalu itu kini mendapat penyesuaian harga. Asus Zenfone 4 Selfie ZD553KL mendapat potongan Rp500.000 dari harga normal Rp2.599.000 menjadi Rp2.099.000.

Sementara model yang lebih tinggi, setelah Juni silam Asus memangkas harga Zenfone 4 Selfie Pro ZD552KL sebanyak Rp1,5 juta, kali ini perusahaan menurunkan kembali harga smartphone menjadi Rp2.799.000.

Berikut kami uraikan sekilas perbedaan keduanya. Tampilan keduanya sepintas sama karena diagonal layar sama-sama 5.5 inci, tapi penekanan pada kata “Pro” menjadi kunci pembeda.

BACA JUGA:
Asus Kuasai Pasar Laptop Indonesia

Setidaknya ada empat poin utama yang berbeda signifikan: kamera depan, kamera belakang, layar, dan prosesor.

Sektor kamera adalah nilai jual utama Selfie series. Kamera pada Asus Zenfone 4 Selfie Pro menggunakan sensor Sony sementara “adiknya” tidak.

Asus Zenfone 4 Selfie Pro mengusung dua kamera pada bagian depan: 12MP IMX362 dan 5MP wide angle. Sementara kamera belakang tunggal 16MP sensor Sony IMX351 dengan bukaan F2.2.

Dengan teknologi DuoPixel, kamera depan Asus Zenfone 4 Selfie Pro mampu menangkap gambar dengan resolusi 24MP. Juga sudah didukung aperture F1.8, dan bisa merekam video selfie dalam format 4K dan Beauty mode.

BACA JUGA:
Malam Ini, Asus Mulai Jual Zenfone Max Pro (M2) di Indonesia

Pada Asus Zenfone 4 Selfie bukan Pro, kamera depan juga ganda, tapi resolusinya berbeda, yakni 20MP dan 8MP wide angle, sementara kamera belakang 16MP. Perlu ditekankan, ketiganya tidak menggunakan sensor Sony, sehingga kualitasnya berbeda.

Pindah ke tampilan layar, Asus Zenfone 4 Selfie Pro dibekali layar Amoled 5.5 inci dengan resolusi Full HD, sementara sang adik “hanya” dibekali layar IPS Display dengan resolusi HD.

Terakhir, smartphone unggulan Asus di segmen selfie itu ditopang prosesor kencang besutan Qualcomm: Snapdragon 625 dengan RAM 4GB dan storage 64GB. Smartphone yang bukan Pro sebenarnya juga ditopang prosesor racikan Qualcomm tapi dengan kecepatan yang lebih rendah yakni Snapdragon 430 dengan RAM 4GB dan storage 64GB.

BACA JUGA:
Asus ROG Phone Resmi di Indonesia, Pre Order Januari 2019

Baik Asus Zenfone 4 Selfie dan Zenfone 4 Selfie Pro, keduanya mengadopsi Android OS 7.0 Nougat dengan kapasitas baterai 3.000 mAh, Dual SIM card, 4G support, serta tiga slot dedicated untuk kartu micro SD.

Khusus Asus Zenfone 4 Selfie ZD553KL saat ini sudah tersedia update ke OS Android 8.1 Oreo sementara sang “Pro” masih harus menunggu.