Jakarta, Selular.ID – Oppo Indonesia menegaskan tidak ada penurunan penjualan. Malah, Oppo F9 terjual lebih laris ketimbang Oppo F7.

“Tidak ada penurunan,” kata Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia, saat ditemui media usai peluncuran Oppo F9 RAM 6GB, di Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Aryo berdalih, segmen Oppo berbeda dengan Xiaomi yang kini mendapat peringkat nomor 2 vendor teratas di Indonesia versi IDC, yang sebelumnya diduduki Oppo.

“Market share Oppo ada di segmen Rp4 jutaan. Sementara Xiaomi tidak punya perangkat di rentang harga Rp4 jutaan,” ucap Aryo.

BACA JUGA:
Oppo Reno Lolos Ujicoba 5G di Eropa

Sehingga wajar bila Aryo menyebut tidak melihat adanya penurunan, karena di market Rp3-4 juta Oppo masih tetap besar.

Menanggapi market share Xiaomi yang meroket, Aryo menuturkan, “Market share vendor lain mungkin lebih besar karena porsi perangkat Rp1 jutaan-nya yang besar. Beda segmen, beda perusahaan, beda kualitas barangnya. Jadi kita gak lihat itu sebagai penurunan,” imbuh Aryo.

Aryo membeberkan angka volume yang dikeluarkan Oppo sendiri di segmen Rp3–4 jutaan malah lebih besar dari sebelumnya.

“Oppo F9 naiknya drastis persentasenya dibandingkan perangkat sebelumnya Oppo F7. Angka penjualan Oppo F7 selama delapan hari itu sama dengan angka pre order Oppo F9. Jadi kurang lebih 1,8x lebih tinggi dari F7 kalau sama-sama delapan hari penjualan.”

BACA JUGA:
Oppo Buka Pre-Order R17 Pro Emerald Green

Aryo menegaskan Oppo tidak melihat angkanya turun, “Secara garis besar dari angka perangkat yang dijual di segmen Rp3—4 juta, kita malah naik.”

Kembali Aryo berdalih angka riil itu yang tahu kan perusahaan. Data IDC hanya sebagai patokan. Berbeda dengan angka riil di dalam perusahaan.

Namun apabila dilihat dari keseluruhan segmen, Aryo mengaku ada penurunan. “Di semua segmen turun tapi tidak sebesar itu,” pungkas Aryo.

BACA JUGA:
MWC 2019, OPPO Perkenalkan Kamera Dengan Lensa Zoom 10x

Sebelumnya, baru-baru ini lembaga riset IDC melaporkan pengiriman smartphone di Indonesia mencapai 9,4 juta unit pada kuartal kedua 2018. Lima vendor smartphone teratas pada 2Q18 adalah Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan Advan.

Sementara pada kuartal sama tahun lalu, IDC melaporkan pengiriman 7,9 juta unit smartphone di tanah air, dengan lima vendor teratas adalah Samsung, Oppo, Advan, Asus, dan Xiaomi. Itu artinya, peringkat Oppo turun dari peringkat 2 menjadi nomor tiga (data IDC).