Jakarta, Selular.ID – Bersama provider Sprint, Nokia melakukan demonstrasi uji kecepatan 5G di atas pita NR (New Radio) band di provider Amerika Serikat. Mengacu GSMArena, jaringan 5G didemonstrasikan pada spektrum Sprint 2,5 GHz dan antena MIMO Massive dual-mode Nokia, bersama dengan perangkat emulator Viavi TM500 5G.

Sambungan sistem NR 5G pertama dapat mendukung spektrum hingga 120 MHz pada band 2,5 GHz. Berdasarkan siaran pers Nokia, AirScale Massive MIMO Active Antenna diperkirakan akan memberikan hingga 3 Gbps downlink di jaringan Sprint.

BACA JUGA:
Ericsson : Koneksi 5G Diprediksi Mencapai 1,5 Milyar Pada Akhir 2024

Ini memungkinkan para provider menawarkan LTE dan 5G di radio yang sama tanpa perlu membangun infrastruktur yang sepenuhnya baru.

“Sprint telah lama berkolaborasi dengan Nokia pada MIMO Masif dan inovasi 5G-nya. Sistem 5G NR live pertama ini mampu membantu kami membawa ponsel 5G ke AS pada paruh pertama tahun 2019. Sprint merupakan satu-satunya operator di dunia dengan kapasitas yang cukup untuk mengoperasikan LTE dan 5G secara bersamaan menggunakan Massive MIMO dan saluran berlisensi besar dari spektrum 100 MHz pada radio yang sama,” ujar John Saw, Chief Technology Officer, Sprint.

BACA JUGA:
Qualcomm: Tahun ini, 30 Smartphone Siap Mendukung 5G

Hal senada juga diungkapkan oleh Marc Rouanne, President of Mobile Networks Nokia.

“Demonstrasi 5G NR bersama ini menggunakan teknologi Massive MIMO merupakan bagian dari strategi Next-Gen Network. Massive MIMO memiliki peranan penting dalam 5G. Teknologi ini memungkinkan Sprint untuk meningkatkan cakupan, keandalan, dan kecepatan di seluruh cakupan jaringannya,” papar Marc.

BACA JUGA:
Guo Ping : Tanpa Huawei, 5G Seperti NBA Tanpa Pemain Bintang

Bulan lalu Sprint mengumumkan bahwa mereka berencana untuk menjadi operator pertama di Amerika Serikat untuk memperkenalkan smartphone 5G komersial bersama dengan LG Electronics pada paruh pertama tahun 2019.